5 Paslon Tarik Nomor Urut, Ketua KPU Ingatkan Penyelenggara ‘Tak Bermain Api Pilkada’

5 Paslon Tarik Nomor Urut, Ketua KPU Ingatkan Penyelenggara ‘Tak Bermain Api Pilkada’

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAPPI – Setelah resmi ditetapkan menjadi kontestan Pilkada Kabupaten Mappi 2024, lima (5) pasangan calon (Paslon) yakni calon bupati dan wakil bupati melakukan penarikan nomor urut calon yang difasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mappi.

Penarikan nomor urut Paslon Pilgub Papua Selatan dilaksanakan tepat pukul 16.10 WIT di halaman Kantor KPU Kabupaten Mappi Jl.Irian Kilometer 01 Kepi, Senin (23/09/2024) berjalan aman, damai dan lancar.

Rapat Pleno Penarikan nomor urut calon dipimpin Ketua KPU Mappi, Yati Enoch didampingi Komisioner KPU Mappi Devisi Teknis Penyelenggara, Irwan Awaludin, Devisi Hukum dan Pengawasan, Muhammad Syaifulloh dan Sekretaris KPU Kabupaten Mappi, Nehemia Jitmau.

Kelima pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mappi itu, antara lain pasangan Emanuel.B.D Basagai- Jaya Ibnu Su’ud, Kristosimus Yohanes Agawemu-Sanusi, Stefanus Kaisma-Adnan Satriyono, Benediktus Amoiye-Benediktus Tori Paliling dan pasangan Berkemas Reynoldus Bapaimu-Muhammadd Agus Salim.

Lima (5) calon wakil bupati diberikan kesempatan lebih dulu melakukan penarikan pengambilan bola nomor antrean, pengambilan nomor urut tersebut berdasarkan waktu pendaftaran Bapaslon. Setelah itu kepada KPU dan seluruh peserta kegiatan, calon wakil bupati menunjukkan nomor antrean yang diambil.

Berdasarkan nomor urut antrean yang telah diambil calon wakil bupati barulah calon wakil bupati bersama calon wakil bupati masing-masing melakukan pengambilan nomor urut dalam tabung secara bergiliran. Kemudian secara bersamaan nomor urut keempat Paslon dibuka.

Berikut ini hasil penarikan nomor urut Paslon Pilkada Kabupaten Mappi dituangkan dalam berita acara penetapan nomor urut dan ditetapkan dengan Keputusan KPU Kabupaten Mappi antara lain;

Pasangan Emanuel.B.D Basagai- Jaya Ibnu Su’ud dengan partai politik pengusung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Gerindra mendapatkan nomor urut 1 (satu).

Pasangan Berkemas Reynoldus Bapaimu-Muhammad Agus Salim dengan partai politik pengusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendapatkan nomor urut 2 (dua).

Pasangan Kristosimus Yohanes Agawemu-Sanusi dengan partai politik pengusung adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Perindo, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) dan Partai Bulan Bintang (PBB) mendapatkan nomor urut 3 (tiga).

Pasangan Stefanus Kaisma-Adnan Satriyono dengan partai politik pengusung adalah Partai NasDem dan Partai Garda Republik Indonesia (Garuda) mendapatkan nomor urut empat (empat).

Benediktus Amoiye-Benediktus Tori Paliling dengan partai politik pengusung adalah Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Demokrat mendapatkan nomor urut 5 (lima).

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Kabupaten Mappi, Yati Enoch mengingatkan seluruh jajarannya selaku penyelenggara mulai dari komisioner, Panitia Pemungutan Distrik (PPD), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk tidak ‘bermain api’ pesta demokrasi, Pilkada.

“Tidak boleh bermain mata, tidak mudah dibujuk dengan rayuan, sehingga pesta demokrasi bisa terselenggara secara jujur, adil dan demokratis. Kepada seluruh Paslon, saya imbau untuk tidak mencoba-cobai kami,” tegas Yati Enoch yang sambut tepuk tangan para hadirin.

“Jangan coba membujuk rayu kami selaku penyelenggara dengan upah-upah murahan agar kami membelok dari aturan penyelenggara. Tolong hormati dan hargai kerja-kerja  penyelenggara Pemilu, sehingga kita bisa melakukan ini secara jujur dan transparan,” sambungnya.

Ia mengajak komponen masyarakat, parpol hingga paslon peserta Pilkada 2024 untuk bersama-sama menyukseskan jalannya Pilkada  serentak di daerah dan ikut menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).  Dengan demikian Pilkada damai, aman dan lancar bisa terwujud.

“Saya mengajak kita semua, baik para Paslon, parpol pengusung, relawan dan simpatisan masing-masing pasangan calon, mari kita ciptakan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Mappi dalam suasana aman, damai dan lancar sehingga melahirkan pemimpin yang penuh amanah dan melayani masyarakat,” tandasnya.

“Saya mengakhiri sambutan saya ini dengan sebuah pantun ‘Lima Pasang Pandawa Membawa Kereta, Panji Ditebar di Tengah Kota Rawa, Pilkada Bergema di Depan Mata, Jaga Amanah dalam Bekerja, Layani Warga Jangan Dibeda”.  Buah Rambutan, Buah Ceremai, Tumbuh Lebat di Pekarangan, Ayo Kawal Pilkada Damai, Jangan Ada Kebencian. Salam Sejahtera buat kita semua,” tutupnya.(*)

Penulis : Hendrik Resi