Apolo Safanpo Serahkan 16 Ekor Sapi Kurban Bantuan Pemprov Papua Selatan dan Presiden Jokowi

Apolo Safanpo Serahkan 16 Ekor Sapi Kurban Bantuan Pemprov Papua Selatan dan Presiden Jokowi

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo menyerahkan bantuan hewan kurban sebanyak 16 ekor sapi kepada sejumlah masjid di Kabupaten Merauke menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H bertempat di Rumah Potong Hewan (RPH) Merauke, Minggu (16/06/2024).

Keenam belas ekor sapi itu adalah bantuan hewan kurban dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Selatan sebanyak 15 ekor dan 1 ekor sapi sumbangan dari Presiden RI Joko Widodo.

Hewan kurban bantuan dari Presiden RI Joko Widodo adalah jenis sapi peranakan Ongol yang dibeli dari warga SP-8 Kampung Amungkal, Distrik Tanah Miring, Supriyadi yang sudah dipelihara selama 6 (enam) tahun senilai Rp 82 juta plus pajak.

Sementara 15 ekor hewan kurban dari Pemprov Papua Selatan sudah dibagikan ke sejumlah masjid oleh panitia dan Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Papua Selatan, setelah sapi tersebut dinyatakan layak kurban.

Penyerahan hewan kurban dilakukan secara simbolik oleh Pj. Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo yang diterima oleh Ketua DKM Masjid Raya Al-Aqsa Merauke, Multazam Malik kemudian diserahkan kepada perwakilan Pengurus Kesejahteraan Mesjid (PKM) Nurul Huda Kartosentanan, Mopah Lama Merauke, yakni  sumbangan sapi dari Presiden RI Joko Widodo.

Dalam kesempatan itu, Pj. Gubernur Apolo Safanpo mengatakan, bantuan hewan kurban kepada setiap mesjid merupakan penghargaan pemerintah pusat maupun provinsi terhadap hari besar keagamaan dalam hal ini Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah.

“Atas nama pemerintah pusat, Presiden RI, Joko Widodo dan juga pemerintah Provinsi Papua Selatan, saya menyampaikan selamat menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H. Semoga hari raya ini dirayakan dengan khidmat,” kata Apolo Safanpo.

“Kami berharap sekiranya bantuan sapi kurban ini dapat bermanfaat bagi seluruh umat Islam, terutama sejumlah masjid yang ada, di momen Hari Raya Idul Adha ini,” sambungnya.

Apolo Safanpo menyebut bantuan hewan kurban juga merupakan bagian dari upaya pemerintah membantu untuk masyarakat kecil yang membutuhkan terutama kaum dhuafa. Penyerahan sapi kurban bantuan Presiden melalui Panitia Idul Adha Pemerintah Provinsi Papua Selatan disesuaikan dengan kriteria yang ditetapkan oleh Presiden.

“Presiden mengingatkan pentingnya solidaritas sosial di tengah tantangan ekonomi global dan dampak cuaca ekstrem di beberapa negara. Momentum Idul Adha adalah saat yang tepat untuk berbagi rezeki kepada sesama, mengingat kondisi sulit yang dihadapi banyak orang saat ini,” ucap Apolo Safanpo.

“Nah, salah satu momen yang penting adalah hari Raya Idul Adha ini, kita bisa jadikan momentum bagi saudara-saudara yang berkelebihan dapat menyisihkan pendapatan untuk membantu saudara kita yang berkekurangan terutama kaum dhuafa,” pesannya. (*)

Penulis : Hendrik Resi