Appi-Aliyah Terima Curhatan Warga Pulau, Hanya Nikmati Listrik 6 Jam

Appi-Aliyah Terima Curhatan Warga Pulau, Hanya Nikmati Listrik 6 Jam

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Warga Pulau Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, mengeluhkan terbatasnya aliran listrik yang mereka terima.

Keluhan tersebut disampaikan warga saat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin (Appi) dan Aliyah Mustika Ilham, mengunjungi pulau Barrang Caddi, Jumat (4/10/2024). Kunjungan ini merupakan bagian dari kampanye pasangan berakronim MULIA tersebut.

Seorang nelayan bernama Daeng Jabbar tidak bisa menyembunyikan keresahannya. Menurutnya, setiap hari listrik hanya menyala dari pukul 18.00 Wita hingga 22.00 Wita, kemudian kembali tersedia antara pukul 04.00 hingga 06.00 Wita.

Pulau Barrang Caddi diketahui bergantung pada aliran listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Meskipun ada sumber listrik, akses dan kapasitasnya sering terbatas, mengganggu berbagai aktivitas warga.

Warga hanya dapat menikmati layanan listrik dalam waktu yang singkat setiap harinya.

Daeng Jabbar menjelaskan kesulitan yang dihadapi saat genset rusak. Sehingga banyak aktivitas yang terhambat akibat keterbatasan ini.

Keterbatasan pasokan listrik mengganggu kehidupan masyarakat, yang membutuhkan penerangan dan energi untuk berbagai kegiatan. Menurutnya, tidak selalu mudah bagi mereka untuk mengandalkan genset, apalagi jika terjadi kerusakan.

Kendala listrik yang hanya menyala selama enam jam sehari ini sudah menjadi masalah utama yang dirasakan oleh warga Pulau Barrang Caddi selama ini.

Bagi Daeng Jabbar dan warga lainnya, hidup tanpa listrik yang stabil sudah menjadi bagian dari rutinitas mereka. Namun, itu bukan berarti mereka tidak berharap akan perubahan.

Selama ini, warga pesisir hanya bisa berharap agar masalah listrik ini segera terselesaikan. Mereka ingin menikmati fasilitas listrik seperti warga di kota pada umumnya.

Daeng Jabbar pun menyampaikan harapannya kepada Appi-Aliyah jika menjadi pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar. Ia percaya pasangan nomor urut 01 itu dapat memberikan solusi bagi masyarakat.

“Kami ingin menikmati listrik yang menyala lebih lama. Ini bukanlah sebuah desa, tapi kelurahan. Namun, fasilitasnya masih sangat terbatas,” kata Daeng Jabbar

Sementara itu, Appi menegaskan perhatian terhadap masalah listrik yang dihadapi warga pulau. Ketua DPD II Partai Golkar Makassar itu menjelaskan, peningkatan akses listrik yang lebih baik dan stabil akan menjadi prioritas jika dirinya dan Aliyah diberi amanah untuk memimpin Kota Makassar.

Appi menyatakan bahwa kehidupan masyarakat pesisir harus setara dengan kehidupan warga kota. Yang berarti pemerintah harus memberikan pelayanan secara merata.

“Masyarakat pulau akan menikmati layanan listrik selama 24 jam setiap hari. Kami pastikan masyarakat pulau akan mendapatkan pasokan listrik yang memadai,” tegasnya.

Beberapa isu lain juga disoroti, seperti persoalan akses pendidikan, kesehatan, serta ancaman abrasi.

Di akhir pernyataannya, Appi mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

“Yang terpenting adalah datang ke tempat pemungutan suara dan pastikan memilih pasangan nomor urut 1, Appi-Aliyah,” tutupnya. (*)