0%
logo header
Minggu, 26 Juni 2022 18:43

Aturan Covid-19 Mulai Renggang, Lapas Samarinda Mulai Siapkan Fasilitas Kunjungan Tatap Muka

Lapas Klas IIA Samarinda yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. (istimewa)
Lapas Klas IIA Samarinda yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. (istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SAMARINDA — Sejak peraturan pemerintah pusat yang telah melonggarkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Lapas Klas IIA Samarinda mulai berbenah mempersiapkan fasilitas sarana prasarana kunjungan tatap muka bagi keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sudah  2 tahun bertemu.

“Iya saat ini kami melakukan pembenahan di bagian Fasilitas Kunjungan yang sudah dua tahun tak digunakan, jadi jika nantinya mendapatkan perintah dari pusat, kami sudah persiapkan semua,” jelas Kepala Lapas Klas IIA Samarinda Ilham Agung Setiawan saat ditemui di Ruangannya, Sabtu (26/06/2022) kemarin.

Adapun fasilitas yang di siapkan Lapas yakini, Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) yang nantinya akan digunakan dalam menerima seluruh kunjungan bagi WBP.

Baca Juga : Lapas Narkotika Samarinda Gelar Razia Dadakan, Temukan Ini di Kamar Napi

“Disana nanti layanan kunjungan akan terpusat, selain itu fasilitas seperti toilet, ruang tunggu, dan layanan bagi pengunjung disable semua akan kita siapkan kembali,” kata Ilham.

Nantinya dalam menjalankan kembali kegiatan kunjungan, pihaknya juga menambah petugas guna melakukan pengawasan selama kunjungan berlangsung.

“Petugas tambahan juga kami siapakah, dan juga barcode scanner akan kita terapkan, jadi dapat mengontrol para pengunjung yang masuk dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Baca Juga : Ratusan Warga Samarinda Ramaikan Fashion Week di Objek Wisata Citra Niaga

Ilham menambah, jika dibukanya kembali kegiatan kunjungan untuk warga binaan, ia berharap hal itu dapat membuat warganya mengobati rasa rindu yang sudah dua tahun tak bertemu langsung, selain itu juga kunjung itu bisa membuat warga binaan lebih tenang menjalani masa tahanan selama berada di dalam Lapas.

“Selama ini kan mereka hanya bisa berkomunikasi lewat Video call yang kami sediakan selama covid, kunjungan ini hak mereka, dan jadi penenang hati mereka yang sudah dua tahun tak bertemu keluarga, ya saya berharap hal ini cepat dilaksanakan,” pungkasnya. (*)

Penulis : Kurniawan
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646