Berkas Pendaftaran Lima Bapaslon Pilkada Mappi Dinyatakan Lengkap

Berkas Pendaftaran Lima Bapaslon Pilkada Mappi Dinyatakan Lengkap

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Berkas pendaftaran lima bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati yang terdaftar di KPU Kabupaten Mappi untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dinyatakan lengkap oleh KPU Kabupaten Mappi.

Lima Bapaslon yang mendaftar pada 27-29 Agustus lalu sebelumnya melakukan tahapan pemeriksaan kesehatan dan juga dinyatakan sehat jasmani dan rohani. Hasilnya telah diserahkan pihak RSU Merauke ke KPU Kabupaten Mappi.

Kelima bakal pasangan calon tersebut masing-masing Emanuel BD Basagai-Jaya Ibnu Su’ud, Kristosimus Yohanes Agawemu-Sanusi, Stefanus Kaisma-Adnan Satriyono, Benediktus Amoiye-Benediktus Tori Paliling, serta Berkemas Reynoldus Bapaimu-Agus Salim.

Komisioner KPU Kabupaten Mappi Divisi Teknis Penyelenggara, Irwan Awaluddin dalam keterangannya mengatakan, berkas pendaftaran semua telah lengkap dan sudah di-upload ke Sistem Informasi Pencalonan Kepala Daerah (Silonkada) baik itu hasil pemeriksaan kesehatan maupun berkas kelengkapan lainnya.

Irwan menyebutkan, setelah pendaftaran, Bapaslon melakukan pemeriksaan kesehatan yang menjadi syarat penting untuk ditetapkan sebagai calon dan hasilnya juga sudah diterima. KPU memberikan kesempatan untuk perbaikan berkas selama 3 hari yakni pada 6-8 September 2024.

“Jadi intinya 5 bapaslon ini dokumennya telah lengkap dan telah diberikan tanda terima perbaikan dan dokumen perbaikannya juga telah diserahkan kepada ke kami, KPU Mappi. Setelah ini, LO Bapaslon dan admin akan diinformasikan terkait tahapan berikut ini,“ kata Irwan Awaluddin.

Selanjutnya, para bakal pasangan calon menunggu jadwal untuk ditetapkan menjadi calon. Berdasarkan jadwal KPU Mappi akan menetapkan bakal pasangan calon menjadi pasangan calon (paslon) pada 22 September 2024. Kemudian penarikan nomor undian paslon pada 23 Agustus 2024.

“Nanti kita lihat, KPU Mappi akan lakukan di mana sesuai kemampuan kita. Teman- teman LO dan admin sudah melengkapi semua dokumen yang diminta ke dalam Silonkada. Kalau dulu waktu Pileg dan Pilpres, Silon saja,” tutupnya. (*)

Penulis : Hendrik Resi