Bupati Edi Gelar Open House, Ratusan Warga Kukar Datang Silaturahmi

Bupati Edi Gelar Open House, Ratusan Warga Kukar Datang Silaturahmi

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, menyelenggarakan open house di Pendopo Odah Etam. Ribuan warga tak menyia-nyiakan kesempatan setahun sekali ini. Agenda tersebut memang rutin digelar menandai Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah pada Rabu (10/4/2024).

Acara itu juga menjadi simbol silaturahmi antara pemimpin dan warganya di Kota Raja.

Tak hanya warga yang datang, tapi juga anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kutai Kartanegara, serta pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara hadir dalam acara ini. Mereka berkumpul dalam suasana yang penuh keakraban, berbagi cerita dan aspirasi, sekaligus merayakan kemenangan setelah sebulan berpuasa.
Edi Damansyah menekankan pentingnya momen open house ini sebagai kesempatan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk mendengar langsung dari warga tentang apa yang mereka butuhkan dan keluh kesah mereka,” ujar Edi.

Ia berharap, melalui kegiatan ini, tali silaturahmi dapat semakin erat, tidak hanya dengan masyarakat tetapi juga dengan Forkopimda, pengusaha, Kepala OPD, dan ASN di Kutai Kartanegara.

Dalam suasana yang penuh syukur, Edi juga mengungkapkan rasa terima kasihnya karena masih diberi kesempatan untuk merayakan Idulfitri.

“Hari ini kita merayakan kemenangan, hari untuk kembali kepada kesucian dan kemurnian sesuai fitrah manusia,” katanya.

Ia mengajak semua yang hadir untuk merayakan Idulfitri dengan penuh rasa syukur dan kebahagiaan, serta menggemakan takbir, tahlil, dan tahmid sebagai bentuk pujian kepada Allah SWT.
Edi juga menyampaikan bahwa banyak hikmah yang diperoleh dari berpuasa, yang disempurnakan dengan mengeluarkan zakat fitrah dan harta.

“Puasa mengajarkan kita untuk melatih kesabaran, ketabahan, ketahanan diri, kerendahan hati, dan keseimbangan antara kebenaran dan kejujuran,” tambahnya.

Ia menekankan bahwa berzakat mengajarkan umat muslim untuk lebih peduli kepada sesama dan mengingatkan bahwa di dalam harta yang dimiliki terdapat hak kaum duafa dan para mustahiq.

“Kita berharap rida dari Allah SWT atas ibadah kita selama Ramadan, dan kita memperoleh kemenangan di hari yang suci ini,” tutur Edi.

Diakhir acara, ia menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idulfitri bagi seluruh umat muslim di Kabupaten Kukar.

“Saya mohon maaf lahir dan batin. Minal Aidin Wal Faizin. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Semoga kita semua dapat dipertemukan kembali dengan Ramadan dan Idulfitri di tahun yang akan datang,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kutai Kartanegara)