Ciptakan Lingkungan Bersih, Koramil Somba Opu Ajak Masyarakat Bersihkan Drainase Pasar Minasa Maupa

Ciptakan Lingkungan Bersih, Koramil Somba Opu Ajak Masyarakat Bersihkan Drainase Pasar Minasa Maupa

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Koramil 1409/01 Somba Opu memimpin aksi bersih-bersih drainase yang ada di wilayah Pasar Induk Minasa Maupa, di Kelurahan Tompobalang.

Dalam kegiatan tersebut melibatkan puluhan personil yang terdiri dari aparat Koramil Somba Opu, Polsek Somba Opu, Pemerintah Kelurahan Tompobalang, Pemerintah Kecamatan Somba Opu, masyarakat, serta pengurus Pasar Minasa Maupa.

“Dalam karya bakti ini kami berhasil membersihkan sekitar 1 truk sampah dengan berat sekitar 4 kubik,” kata Danramil 1409-01 Somba Opu Kapten Inf Syaiful usai kegiatan, Kamis, (19/09/2024).

Aksi-aksi bersih drainase tersebut merupakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Ke-79 Tahun yang jatuh pada 5 Oktober 2024. Dalam peringatannya tahun ini mengangkat tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”.

Ia mengungkapkan, karya bakti ini dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Koramil di jajaran Kodim 1409/Gowa dan akan berlanjut hingga 26 September 2024 mendatang.

“Ini juga merupakan bentuk perhatian TNI terhadap masyarakat dengan peduli terhadap kebersihan lingkungan, terutama di fasilitas umum,” ungkapnya.

Sementara, untuk sasaran karya bakti di wilayah Koramil Somba Opu akan dilaksanakan di pasar-pasar tradisional. Antara lain, Pasar Minasa Maupa, dan Pasar Sungguminasa.

“Sasaran kita di pasar, karena ini fasilitas umum dan memang cenderung kelihatan kumuh. Sehingga untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat maka kita bersihkan kawasannya, termasuk drainasenya,” tegas Kapten Inf Syaiful.

Hal ini juga menjadi upaya dalam mencegah berbagai penyakit yang diakibatkan dari sampah, termasuk bencana banjir, akibat lingkungan yang kotor dan tersumbatnya saluran air.

“Ini juga memang telah menjadi instruksi komando atas,” terangnya.

Lanjutnya, selain pasar kegiatan bersih-bersih lingkungan ini juga akan dilakukan di wilayah tempat ibadah seperti mesjid dan gereja.

Sementara, Camat Somba Opu Agus Salim mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepedulian TNI terhadap kondisi lingkungan. Khususnya pada fasilitas umum seperti di wilayah Kabupaten Gowa.

“Kegiatan ini tentu menjadi bentuk kepedulian TNI kepada lingkungan dan masyarakat. Semoga ini semua tak hanya memberikan kenyamanan akan lingkungan yang bersih, tetapi juga menjadi bagian edukasi kepada masyarakat, khususnya pedagang yang ada di pasar untuk selalu menjaga kebersihan,” ujarnya.