0%
logo header
Minggu, 03 Juli 2022 20:31

Desa Lasori Ikut Lomdeskel Tingkat Provinsi, Sekda Buteng Sampaikan Komitmen Membangun Dari Desa

Falihin
Editor : Falihin
Tim Penilai Lomdeskel tingkat Provinsi Sultra bersama Sekda Buteng Kostantinus Bukide saat mengunjungi Desa Lasori Kecamatan Mawasangka Timur Kabupaten Buteng, Sabtu (02/07/2022).
Tim Penilai Lomdeskel tingkat Provinsi Sultra bersama Sekda Buteng Kostantinus Bukide saat mengunjungi Desa Lasori Kecamatan Mawasangka Timur Kabupaten Buteng, Sabtu (02/07/2022).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BUTON TENGAH – Desa Lasori Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mendapat giliran penilaian lapangan dalam ajang Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (02/07/2022).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Muhammad Yusup yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng Kostantinus Bukide, menyampaikan salam hormat dan ucapan selamat datang kepada Ketua Tim penilai Lomdeskel dan sekaligus permohonan maaf dari Pj. Bupati, karena sedang menghadiri undangan Gubernur Sultra, pada acara HUT Kabupaten Buton Utara.

“Besar sekali harapan Pj. Bupati untuk hadir dalam kegiatan ini, namun disaat yang sama beliau diperintah oleh Bapak Gubernur untuk ikut upacara HUT Buton Utara. Oleh karena itu beliau mengamanahkan kepada saya untuk menyampaikan pesan-pesan beliau terkait dengan lomba desa ini. Mudah-mudahan catatan ketua tim penilai Pak Syaifullah waktu di Desa Napa pada tahun lalu, akan lebih baik lagi di Desa Lasori pada tahun ini,” ucapnya dibarengi dengan tepuk tangan para undangan dan masyarakat yang hadir dalam kegiatan.

Kostantinus menjelaskan, Buteng sudah 4 kali meraih juara I dalam Lomba Desa dan Kelurahan tingkat provinsi.

“Jadi pak Saifullah, Buton Tengah ini sudah 4 kali berturut-turut meraih juara I dalam lomba ini, jadi bukan lagi hetrik tapi kuarted. Namun itu bukan tujuan kami, yang menjadi tujuan kami adalah bagaimana desa-desa kami ini mendorong dalam pelayanan masyarakat, yang ujung itu adalah meningkatkan kesejahteraan masyatakat desa,” terangnya.

Kostantinus melanjutkan, Buteng sejak berdiri menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) sudah memiliki komitmen agar membangun Kabupaten ini dimulai dari desa.

“Kabupaten Buteng ini terdiri dari 67 desa, 10 kelurahan. Jadi asumsinya kalau semua desa dan kelurahan ini sudah sejahtera berarti masyarakat Buteng sejahtera,” tandasnya.

Kostantinus juga menjelaskan, program semenjak Pj. Bupati Mansyur Amila, kemudian Pj. Bupati Ali Akbar, lanjut Bupati definitif Samahuddin sampai Pj. Bupati Muhammaf Yusup ini semua sama komitmennya bagaimana kita bangun Buteng ini dari desa.

“Hari ini kita di tengah pesatnya kemajuan teknologi, ini juga pemerintah desa harus mengikuti itu. Jadi jangan lagi kita menggunakan pola-pola lama, misalnya bayar gaji secara manual, sekarang sudah eranya non tunai, bayar gaji langsung ke rekening,” paparnya.

Pemeritah Kabupaten Buteng, kata Kostantinus, terus mendorong pemerintah desa dalam peyeleggaraan kegiatan desa sudah menggunakan teknologi internet berbasis online dan aplikasi.

“Alhamdulillah pak ketua Tim, Desa Lasori ini adalah salah satu desa unggulaan kami karena terus terang kantor desa ini ful AC di semua ruangan. Kemudian Ambulans desa yang luar biasa dan ini merupakan swadaya masyarakat Desa Lasori dan bukan dibantu oleh Pemda,” ungkapnya.

Terakhir Kostantinus berharap kepada para kepala desa yang lain siap-siapkan desanya jangan karena ada lomba, siapkan desanya lebih kepada pelayanan untuk masyarakat.

“Jadi jangan kita buat persiapan di desa karena mau dinilai. Kita mulai persiapan-persiapan ataupun pembenahan-pembenahan yang ada di desa untuk betul-betul memberikan penilaian kepada masyarakat kita yang ada di desa, dan Insya Allah kalau kepala desa memiliki persepsi tentang hal ini siapapun dan desa manapun yang akan kita tunjuk itu pasti akan siap,” tutup Kostantinus. (*)

Penulis : Rudi Ard
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646