Desa Sumber Sari Kembangkan Pesona Wisata dan Kampung Inggris di Kukar

Desa Sumber Sari Kembangkan Pesona Wisata dan Kampung Inggris di Kukar

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tidak hanya dikenal sebagai lumbung pangan, tetapi juga memiliki potensi wisata yang menarik. Desa ini tengah merancang dua sektor wisata, alam dan budaya, yang direncanakan akan diluncurkan pada akhir tahun 2024 ini.

Kepala Desa Sumber Sari, Sutarno, menyatakan bahwa pihaknya menerima bantuan dari Dinas Pariwisata dan instansi terkait untuk pengembangan infrastruktur wisata.

“Harapannya ke depan, tempat wisata ini bisa dikelola oleh BUMDes, sehingga dapat menjadi sumber Pendapatan Asli Desa (PAD) untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Sutarno, Minggu (5/11/2023).

Selain itu, desa ini berencana untuk mengelola kampung inggris dengan kerjasama bersama Dinas Pariwisata.

“Kami berharap dapat terwujud tahun depan. Saat ini, fokus utama kami adalah membenahi fasilitas wisata sehingga para pengunjung merasa nyaman. Kami berusaha untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah agar wisata ini dapat berkembang,” katanya.

Sutarno menambahkan bahwa desanya telah membentuk Pokdarwis yang aktif mempromosikan wisata melalui situs web desa.

“Saat ini, pendapatan utama berasal dari lahan parkir, dan kami berharap dengan perlahan-lahan, wisata ini dapat memberikan dampak positif pada pendapatan desa,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis : Budi Kurniawan