Dirjen Dukcapil Tinjau Pelayanan Adminduk DKI Jakarta atas Perubahan Nama Jalan

Dirjen Dukcapil Tinjau Pelayanan Adminduk DKI Jakarta atas Perubahan Nama Jalan

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Terkait perubahan nama jalan di DKI Jakarta. Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia Zudan Arif Fakrulloh, didampingi oleh Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta Budi Awalludin beserta jajaran meninjau layanan jemput bola administrasi kependudukan (adminduk) di Masjid Jami’ Bait Al Rahman, Jalan Duren Tiga Selatan RW 02, kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kamis (30/06/2022).

Zudan menjelaskan, peninjauan ini untuk melihat langsung layanan jemput bola Dinas Dukcapil DKI Jakarta terkait penggantian dokumen kependudukan warga, khususnya mereka yang mengalami perubahan nama jalan Warung Buncit Raya menjadi Jalan Hj. Tutty Alawiyah.

“Layanan jemput bola memfasilitasi masyarakat yang mau mengganti dokumen kependudukan. Warga di sini ada yang terkena dan tidak terkena penggantian nama jalan pada dokumen kependudukannya. Prinsipnya layanan jemput bola untuk memberikan kemudahan pelayanan,” kata Zudan pada media.

Zudan menilai, proses penggantian KTP, KK, dan KIA terbilang cepat. Ia mengajak warga yang terkena penggantian nama jalan di dokumen kependudukannya, supaya langsung datang ke lokasi layanan membawa KK dan KTP lama untuk ditukar dengan KK dan KTP baru.

“Datang segera. Karena tidak rumit dan cepat. Karena datanya sudah ada langsung diganti alamatnya langsung dicetak. Dan ini gratis, tidak dipungut biaya,” tuturnya.

Hal senada juga di sampaikan Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi menambahkan, layanan ini dilaksanakan pada 29 dan 30 Juni 2022. Berdasarkan data, ada 140 KK di Jalan Hj. Tutty Alawiyah yang terkena dampak perubahan nama jalan. Selanjutnya untuk wilayah Jakarta Selatan, akan dilaksanakan di Jalan KH. Guru Amin yang sebelumnya dikenal dengan Jalan Raya Pasar Minggu.

“Sekitar 70-80 persen sudah kita cetak dan berikan ke masyarakat. Ini adalah hari terakhir di Jalan Hj. Tutty Alawiyah,” imbuhnya

Budi menghimbau marakat yang terkena perubahan nama jalan di dokumen kependudukan bisa datang ke loket layanan kami, atau kami datang menghampiri masyarakat secara door to door ke rumah masing-masing dan dilakukan secara cepat dan gratis.

Penulis : Wahyu Widodo