Diskominfo-SP Gowa Perkuat Kinerja Sahabat LAPOR!

Diskominfo-SP Gowa Perkuat Kinerja Sahabat LAPOR!

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Gowa terus memaksimalkan peran pelayanan pengaduan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Pubik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!)

Kali ini upaya optimalisasi tersebut dilakukan dengan mendorong kinerja Sahabat LAPOR! dalam rangka meningkatkan pemanfaatan kanal pengaduan masyarakat agar proses layanan semakin berkualitas.

Melalui kegiatan Fokus Group Discussion Revitalisasi Peran dan Fungsi Sahabat LAPOR!, kegiatan ini bekerjasama dengan USAID Erat.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persendian Kabupaten Gowa Arifudin Saeni mengatakan, tujuan diadakannya FGD ini adalah untuk membahas urgensi, masalah dan tantangan Sahabat LAPOR! dalam mendorong peningkatan layanan publik.

“Selain itu juga dalam FGD ini kita membahas revitalisasi peran, fungsi dan mekanisme kerja Sahabat LAPOR! untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelayanan publik,” katanya dalam kegiatan, di Best Western Hotel Makassar, kemarin.

Selanjutnya, pelayanan publik yang berkualitas bukan hanya menjadi jaminan pemenuhan hak warga melainkan juga merupakan strategi penting dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

“Dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang baik dan berorientasi pada pelayanan publik yang prima tentunya partisipasi aktif masyarakat menjadi kunci utama. Karena itu keberadaan Sahabat LAPOR! memiliki peran yang strategis,” tuturnya.

Sementara, Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Gowa Firman Djamaluddin mengatakan, dengan melibatkan Sahabat LAPOR! , diharapkan dapat merancang strategi yang lebih efektif dan efisien dalam mengumpulkan, menganalisis, dan memanfaatkan data pengaduan masyarakat.

Pengawasan pelayanan publik melalui SP4N- LAPOR! juga dapat mencegah terjadinya tindak korupsi, meningkatkan kualitas pelayanan dan mengurangi potensi konflik.

“Ini akan membantu terciptanya rasa aman di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Ia mengaku, hingga kini masih ada permasalahan pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui Aplikasi SP4N-LAPOR! di Kabupaten Gowa. Antara lain, aplikasi SP4N-LAPOR! masih belum banyak diketahui dan diakses oleh masyarakat sebagai media penyampaian pengaduan, serta belum menyeluruh wilayah Kabupaten Gowa yang terhubung dengan internet.

Dengan adanya masalah di atas maka muncul gagasan untuk membentuk jaringan atau agen di setiap wilayah kecamatan dengan melibatkan warga sebagai perwakilan.

“Warga ini berasal dari unsur pemuda yang mempunyai kompetensi penggunaan teknologi informasi dan kepedulian terhadap pelayanan publik yang disebut sebagai Sahabat LAPOR!,” terangnya.

Dalam kegiatan ini dihadiri sebanyak 20 peserta yang terdiri dari perwakilan instansi terkait, dan perwakilan kecamatan.