Gubernur dan Pj Wali Kota Makassar Bahas Karantina OTG dan ODP

Gubernur dan Pj Wali Kota Makassar Bahas Karantina OTG dan ODP

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Nurdin Abdullah menyambangi Posko induk Covid-19 Kota Makassar, Jalan Nikel Raya Makassar, Selasa (28/04/2020). 

Kedatangan Nurdin bersama beberapa rombongannya  di Posko covid 19 disambut langsung oleh Penjabat  Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, bersama Sekkot Makassar Muh. Ansar, beserta Kadis Kesehatan kota Naisyah Tun Azikin.

Dihadapan Iqbal Suhaeb  Nurdin mengecek dan menanyakan langsung berbagai aktivitas di dalam posko dan menanyakan sejumlah perkembangan dan data terakhir peta penyebaran covid-19 terpampang di layar monitor.

“Kita ingin agar seluruh warga yang berstatus OTG dan ODP di Makassar agar dikarantina di Hotel yang sudah kita siapkan. Hal ini kita lakukan agar mereka tidak mentransmisi ke orang yang sehat, virus ini  harus segera bisa kita hentikan pergerakannya dengan cara melakukan karantina, karena walaupun diisolasi di rumah, itu masih tetap memungkinkan untuk keluar dan berinteraksi dengan yang lain, inikan berbahaya,” kata Nurdin Abdullah.

Menurut  Nurdin akan jauh lebih efektif jika dikarantina di Hotel, karena setiap  OTG maupun ODP selalu diperhatikan dan diberi makanan yang bergizi selama dikarantina di Hotel yang sudah disediakan Pemprov.

“Saat dikarantina kita berikan mereka makanan bergizi yang lebih bagus, kita tingkatkan imunnya agar virus bisa segera dikalahkan,” ujarnya.

Nurdin menyebut saat ini pihaknya telah menyiapkan dua buah Hotel bagi pasien OTG dan ODP untuk karantina, dan satu  Hotel untuk para tenaga medis.

“Saat ini kami sudah siapkan Hotel SwissBell dan juga Sheraton untuk pasien OTG dan ODP, sedangkan untuk dokter dan tenaga medis lainnya kita persiapkan Hotel Grand Sayang untuk ditempati selama mereka merawat pasien pasiennya,” tutur Nurdin.

Sementara, Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, mengatakan saat ini terdapat delapan puluh orang yang dinyatakan positif berdasarkan hasil Rapid test massal yang dilakukan beberapa waktu lalu di seluruh Puskesmas yang ada di Kota Makassar. 

“Sesuai arahan Pak Gubernur, kita akan upayakan segera warga kita yang selama ini melakukan isolasi mandiri di rumahnya untuk dipindahkan ke Hotel yang sudah disiapkan. Termasuk juga yang dinyatakan positif saat Rapid test kemarin akan kita lanjutkan dengan Swab, dan jika masih positif langsung kita arahkan untuk karantina di Hotel,”ungkap Iqbal.