0%
logo header
Minggu, 05 Juni 2022 21:40

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PMI Makassar Gandeng INLA Sulsel Lakukan Penjernihan Kanal Pabaeng-Baeng

Bakti Sosial Pembersihan Kanal Pabaeng-Baeng Kota Makassar oleh PMI bekerjasama dengan International Nature Loving Association (INLA) Indonesia Sulawesi Selatan, Minggu (05/06/2022). (Istimewa)
Bakti Sosial Pembersihan Kanal Pabaeng-Baeng Kota Makassar oleh PMI bekerjasama dengan International Nature Loving Association (INLA) Indonesia Sulawesi Selatan, Minggu (05/06/2022). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Palamg Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar bekerjasama dengan International Nature Loving Association (INLA) Indonesia melakukan kegiatan penjernihan kanal dengan Eco Enzyme, di Kanal Pabaeng Baeng, Kecamatan Rappocini, Minggu (05/06/2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang mengangkat tema “Satu Bumi Untuk Masa Depan”.

Hadir dalam penjernihan kanal ini Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal, Ketua INLA Sulsel Nelly Suciady, Sekertaris PMI Makassar Abdul Gafur, Kepala Markas PMI Syahrir Sanusi dan relawan PMI.

Baca Juga : Meriahkan HUT ke-77, PMI Makassar Gandeng Runners 09 Bakal Gelar Humanity Fun Run, Berikut Jadwalnya

Penjernihan air kanal ini dilakukan dengan cara penuangan Eco Enzyme ke kanal secara bersamaan dan dikuti juga perwakilan masyarakat setempat.

Dalam penjernihan kanal ini sebanyak 30 botol atau setara dengan 100 liter Eco Enzyme yang digunakan.

Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal MI, mengatakan aksi sosial penjernihan kanal Pabaeng Baeng ini untuk meminimalisir pencemaran yang ada.

Baca Juga : Tingkatkan Kapasitas Masyarakat, PMI Makassar Gelar Simulasi Kelurahan Tangguh Bencana di Buloa

Untuk itu, dirinya berharap masyarakat bisa lebih sadar tentang pentingnya menjaga lingkungan agar kita semua bisa hidup sehat dan nyaman.

“Kita mulai dengan aksi kecil ini untuk menjaga lingkungan hidup kita agar semua tetap sehat,” ujar Wakil Wali Kota Makassar 2014-2019 ini.

Ditempat yang sama, Ketua International Nature Loving Association (INLA) Sulsel Nelly Suciady mengatakan, kegiatan penjernihan kanal ini dilakukan dengan cara penuangan Eco Enzyme untuk membangkitkan kembali kesadaran kita untuk selalu peduli terhadap lingkungan.

Baca Juga : Kerjasama Dengan Koica, PMI Makassar Gelar Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana Untuk Keluarga di Kelurahan Layang

“Hari ini kita bersama PMI Makassar melakukan penuangan Eco Enzymes di kanal. Jadi kita buang Eco Enzyme di kanal nanti dia mengikuti air mengalir dan disitu dia mensterilkan air. ini sangat bagus sekali,” katanya.

Menurutnya, Eco Enzyme ini adalah cairan yang diolah dari sisa sisa sampah dapur rumah tangga atau sampah organik yang memiliki banyak manfaat.

“Jadi manfaatnya ini selain untuk menjernihkan air, juga befungsi sebagai disinfektan,” tuturnya.(*)

Penulis : Aswar (Staf PMI Kota Makassar)
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646