Hari Pertama Pendaftaran, Belum Ada Paslon Pilkada Mendaftar di KPU Papua Selatan

Hari Pertama Pendaftaran, Belum Ada Paslon Pilkada Mendaftar di KPU Papua Selatan

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Hari pertama tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur belum ada pasangan yang mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Selatan, Selasa (27/08/2024).

Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze menyebut, jadwal tahapan pendaftaran dari bakal pasangan calon kontestan Pilkada sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dilaksanakan selama tiga (3) hari yakni tanggal 27-29 Agustus 2024.

“Hari ini, tanggal 27 Agustus 2024 merupakan hari pertama pendaftaran bagi bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan. Namun pada hari pertama ini, belum ada bakal pasangan calon yang datang mendaftar,” kata Theresia Mahuze kepada dalam Konferensi Pers dengan para awak media di halaman Kantor KPU Papua Selatan.

“Kami KPU Papua Selatan hingga pukul 16.00 WIT sudah menutup waktu pendaftaran untuk hari pertama, dan akan dilanjutkan besok di hari kedua yakni tanggal 28 Agustus 2024 yang akan dimulai pada jam dan waktu yang sama dari pukul 08.00-16.00 WIT,” sambungnya.

Theresia menyampaikan, baru dua Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur sudah terkonfirmasi akan melakukan pendaftaran di hari kedua dan ketiga tanggal 28 dan 29 Agustus 2024. Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo dan Paskalis Imadawa akan mendaftar di hari kedua tanggal 28 Agustus 2024 pukul 14.00 WIT.

“Sudah terkonfirmasi dari LO atau tim penghubung pasangan Apolo-Imadawa yang akan datang esok hari Rabu jam 02.00 siang. Sudah terskedul bahwa keduanya mendaftar besok di Kantor KPU Papua Selatan. Secara tertulis konfirmasi yang sudah masuk baru Pak Apolo Safanpo dan Paskalis Imadawa,” sebutnya.

Namun demikian, kata Theresia Mahuze, KPU provinsi telah mendapat konfirmasi secara lisan bahwa bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan, Romanus Mbaraka dan Albert Muyak mendaftar di tanggal 29 Agustus 2024.

“Namun itu masih secara lisan, belum tertulis. Kalau untuk konfirmasi tertulis baru Apolo Safanpo dan Paskalis Imadawa bahwa besok mereka akan datang mendaftar,” ujar Theresia Mahuze didampingi Komisioner KPU Papsel Devisi Hukum dan Pengawasan, Jufri Toatubun, Devisi Perencanaan, Data dan Informasi, Daniel Ndiwaen dan Devisi Teknis Penyelenggara, Helda Richarda Ambay.

Ia menambahkan, areal pendaftaran bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di KPU Papua Selatan dibagi dalam dua (2) ring. Ring pertama yakni di aula dalam kantor KPU dan ring kedua di halaman kantor.

“Tentunya, ring pertama untuk para paslon pendaftar, ketua-ketua parpol pengusung paslon dan juga bisa untuk rekan-rekan jurnalis yang meliput tahapan pendaftaran. Kita juga mohon untuk rekan-rekan jurnalis mengingat banyaknya jumlah, untuk bisa tertib ya di ring pertama agar penelitian berkas  pendaftaran bisa berjalan  lancar,” harapnya.

“Untuk di ring dua disediakan bagi massa pendukung paslon, namun jumlahnya dibatasi. Mengingat, kapasitas halaman kantor hanya bisa menampung 100 orang dengan dua (2) tenda dan disediakan masing-masing 40 kursi, sehingga berjumlah 80 kursi. Kita  sediakan Id-Card  untuk yang masuk dengan masing-masing warna,” tutupnya. (*)

Penulis : Hendrik Resi