Inovasi Unggul, UMKM Balai Pajak Kecamatan Loa Janan Siap Bersaing di Era IKN Kukar

Inovasi Unggul, UMKM Balai Pajak Kecamatan Loa Janan Siap Bersaing di Era IKN Kukar

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mengambil langkah progresif dengan menggulirkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Balai Pajak. Keberhasilan proyek ini merupakan hasil kerjasama sinergis antara pemerintah kecamatan dan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan-perusahaan lokal.

Sekretaris Camat Loa Janan Muhammad Amrizal, menjelaskan bahwa UMKM Balai Pajak bertujuan mengangkat pamor produk olahan desa, PKK, dan inisiatif masyarakat desa secara lebih luas.

“Proyek ini menjadi langkah awal kami untuk menyambut Ibu Kota Negara (IKN) di Kukar. Ini sekaligus menjadi pilot projek di Kecamatan Loa Janan,” ungkap Amrizal pada Jumat (03/11/2023).

Amrizal menyoroti bahwa produk olahan di kecamatan Loa Janan memiliki kualitas sebanding dengan kecamatan lain, namun promosi dan pemasaran menjadi kunci keberhasilan.

“Kami perlu bersaing dalam hal strategi harga penjualan,” tambahnya.

Terkait anggaran, Amrizal menyampaikan bahwa serapan dana untuk kegiatan di kecamatan Loa Janan sudah mencapai 80 persen dan optimis mencapai 100 persen pada bulan Desember mendatang.

“Camat kami telah merancang strategi percepatan yang efektif. Semoga dan kami mohon dukungan doa dari semua pihak,” ungkapnya.

Amrizal mengakui adanya beberapa kendala terutama terkait aplikasi dan sumber daya manusia.

“SDM kami terdiri dari generasi yang berbeda dengan kaum milenial, sehingga pengoperasian bisa lebih lambat. Namun, kami berkomitmen untuk terus berjuang demi kesuksesan proyek ini,” tegasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis : Budi Kurniawan