IOH Bersama Huawei Operasikan DIOC, Layanan Telekomunikasi Berbasis Kecerdasan Buatan

IOH Bersama Huawei Operasikan DIOC, Layanan Telekomunikasi Berbasis Kecerdasan Buatan

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengoperasikan Digital Intelligence Operations Center (DIOC) sebuah layanan komunikasi berbasis kecerdasan buatan atau artificial Intelligence (AI).

Ini pun menjadi tonggak sejarah baru dalam perjalanan transformasi digital Indosat Ooredoo Hutchison saat ini. Fasilitas termutakhir ini menandai kemajuan signifikan bagi komitmen Indosat menggunakan kecerdasan buatan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi lebih dari seratus juta pelanggan di seluruh Indonesia.

Pada peresmian layanan digital ini dihadiri langsung President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha beserta jajaran manajemen dan komisaris Indosat Ooredoo Hutchison. Hadir pula President Huawei Asia-Pacific Region Simon Lin dan jajarannya.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan, peresmian ini sekaligus menegaskan kerja sama strategis antara kedua belah pihak. DIOC didirikan sebagai pusat operasi jaringan Indosat untuk menyediakan real-time insights dan manajemen layanan proaktif, menggabungkan keandalan fungsi Network Operations Center (NOC), dan Service Operations Center (SOC).

“DIOC ini menandai babak baru dalam mewujudkan ambisi kami untuk menjadi perusahaan telekomunikasi berbasis AI,” terangnya, dalam keterangannya, Rabu, (07/08/2024).

Melalui DIOC katanya, Indosat tidak hanya meningkatkan kinerja jaringan, tetapi juga merevolusi pelayanan pelanggan. Integrasi teknologi canggih dan pengembangan talenta, menjadi kombinasi dalam menetapkan standar baru dalam kinerja jaringan dan kepuasan pelanggan.

“Kolaborasi ini menjadi kunci untuk mewujudkan misi kami dalam menghubungkan dan memberdayakan setiap masyarakat Indonesia melalui konektivitas digital,” ujarnya.

Keunggulan fungsi DIOC dalam memberikan Real-time Network Insights, memungkinkan Indosat beralih dari penyelesaian masalah reaktif ke manajemen layanan proaktif dengan data waktu nyata untuk mengoptimalkan kinerja jaringan. DIOC juga menyediakan End-to-End Service Management, termasuk kinerja, pengalaman aplikasi, dan kualitas layanan, yang mempercepat penyelesaian masalah pelanggan.

Kemampuan DIOC untuk mengintegrasikan analisis data dan teknologi mutakhir mendorong Data-Driven Innovation yang berkelanjutan, memungkinkan Indosat mengembangkan produk dan layanan baru yang berfokus pada pelanggan, serta memimpin dalam kemajuan layanan digital.

“Ini juga memperkuat kemitraan antara Indosat dan Huawei, dengan tujuan bersama untuk meningkatkan infrastruktur jaringan, mempercepat transformasi digital, dan mengembangkan talenta unggul bagi masa depan digital Indonesia,” katanya.

Solusi ICT canggih dan kepemimpinan teknologi Huawei akan membantu Indosat membangun jaringan yang berorientasi masa depan, otomatis, dan cerdas, memastikan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan digital pelanggan yang dinamis.

Sementara, President of Huawei Asia-Pacific Region Simon Lin mengatakan, peresmian DIOC Indosat merupakan pencapaian yang luar biasa, menandai era baru kerja sama dalam mengembangkan pusat inovasi dan menyambut manajemen jaringan cerdas.

“Kolaborasi ini didasarkan pada kemitraan strategis jangka panjang kami dengan Indosat, yang menjadi bukti komitmen bersama untuk terus memberikan pengalaman jaringan yang luar biasa,” katanya.

Sebagai inovator teknologi, pelopor industri, dan kontributor lokal yang berakar di region, Huawei berkomitmen untuk memanfaatkan solusi inovatif kami guna membantu pelanggan kami mencapai kesuksesan bisnis yang berkelanjutan dan daya saing.

“Bersama-sama, kita membentuk masa depan yang lebih digital, terhubung, dan cerdas untuk Indonesia,” tegasnya.