Jelang Penetapan Calon, Penjagaan di Kantor KPU Mappi Diperketat

Jelang Penetapan Calon, Penjagaan di Kantor KPU Mappi Diperketat

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAPPI – Kepolisian Resor Mappi memperketat penjagaan dan meningkatkan kualitas pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mappi, Papua Selatan, menjelang tahapan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Mappi untuk Pilkada 2024. Agenda penetapan tersebut dijadwalkan pada 22 September mendatang.

Langkah tersebut dilakukan untuk memastikan tahapan Pilkada di Kabupaten Mappi berjalan aman dan lancar tanpa kendala gangguan keamanan.

Kapolres Mappi, AKBP Yustinus S Kadang melalui Kabag Ops AKP Fainal Saputra mengatakan, peningkatan pengamanan dilaksanakan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang dapat menghalangi atau menghambat jalannya agenda tahapan Pilkada serentak 2024.

Tugas pengamanan menjadi komitmen Polri dalam mengawal Pilkada 2024 berlangsung aman dan damai.

“Polres Mappi saat ini memang memfokuskan pengamanan tahapan Pilkada dengan menempatkan personil di sejumlah titik baik di kantor KPU Mappi maupun di beberapa titik rawan lainnya. Ini kita lakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu  penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Mappi 2024,” jelas AKP Fainal Saputra di ruang kerjanya, Jumat (13/9/2024).

Metode pengamanan yang dilakukan, kata AKP Fainal Saputra, Polres Mappi menerjunkan 15 personel yang terbagi dalam 3 regu dan melakukan penjagaan selama 1×24 jam di kantor KPU. Jumlah personel dimungkinkan akan bertambah jika eskalasi potensi gangguan keamanan meningkat.

“Kami tempatkan personel sebanyak 15 orang, tidak menutup kemungkinan kami akan lakukan penebalan personil pada saat tanggal 22 September nanti, saat pengumuman penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati oleh KPUD Mappi melihat perkembangan situasi di lapangan,’’ sebutnya.

Ia berharap dengan kehadiran personel Polres Mappi dalam pengamanan  tahapan Pilkada 2024 dapat memberikan rasa aman dan tenteram kepada semua pihak baik penyelenggara Pilkada, para kontestan, simpatisan maupun massa pendukung. Dengan demikian agenda penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dapat berjalan dengan baik.

“Adanya peningkatan pengamanan ini, kita harapkan seluruh proses tahapan Pilkada Mappi dapat berjalan dengan aman, damai, dan sejuk serta terhindar dari segala bentuk gangguan keamanan yang dapat mengancam stabilitas pembangunan daerah,” tutupnya. (*)

Penulis : Hendrik Resi