Kado Natal, Listrik di Bade Papua Selatan Nyala 24 Jam

Kado Natal, Listrik di Bade Papua Selatan Nyala 24 Jam

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo melakukan Launching Penyalaan Listrik 24 jam PLN secara serentak dì 10 desa di 6 distrik Kabupaten Mappi berlangsung di Kelurahan Bade Distrik Edera, Kamis (14/12/2023).

Sebelumnya di Bade Distrik wilayah Muara Digoel, penyalaan listrik oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) hanya berdurasi 12 jam sehari, namun oleh kompleksitas kebutuhan masyarakat yang terus meningkat sehingga operasi listrik bertambah durasinya menjadi 24 jam sehari.

“Ini menjadi Kado Natal bagi kami masyakat di Bade Distrik Edera, yang sudah bertahun hanya menikmati listrik setengah hari. Kini kami sudah bisa menikmati listrik 24 jam sehari. Terima kasih PLN dan Pak Pj. Gubernur Papua Selatan yang sudah meresmikan listrik 24 jam di Bade,” ujar salah seorang warga, Yohanis saat menyaksikan lancing listrik 24 jam di PLN Bade.

Masyarakat di Bade-Edera berharap tidak hanya listrik yang sudah beroperasi maksimal, tetapi juga  layanan BUMN yang lain seperti Telkomsel dalam menyediakan kebutuhan jaringan internet juga bisa beroperasi maksimal.

General Manager PT. PLN Papua-Papua Barat Budiono memberikan apresiasi kepada Pj. Gubernur Papua Apolo Safanpo atas dukungan dalam menyediakan listrik bagi pemenuhan keutuhan masyarakat.

“Terima kasih atas dukungan dan support yang luar biasa dari Bapak Gubernur Papua Selatan. Kami sebagai insan PLN disupport penuh Bapak gubernur untuk bisa melistrikkan masyakat di Papua Selatan. Kita berikan aplaus bagi bapak gubernur,” ucap Budiono dalam sambutan awal.

Menurut Budiono, pihak PLN membutuhkan dukungan seluruh stakeholder masyarakat  dalam membangun fasilitas kelistrikan di tanah Papua. Listrik adalah kebutuhan dasar manusia. Listrik adalah kebutuhan utama masyarakat.

“Kami berkomitmen untuk melistrikkan masyarakat yang ada di tanah Papua Untuk bisa melistrikkan masyarakat, kami tidak bisa sendiri tetapi harus bersinergi berkolaborasi dan bergandeng tangan dengan semua stakeholder yang ada.

“Hari ini adalah wujud nyata bentuk koordinasi, sinergi dan kolaborasi PLN dengan seluruh stakeholder yang ada di tanah Papua khususnya di Papua Selatan. Hari ini kami bisa menghadirkan kado Natal buat bapak ibu di Bade sehingga bisa merayakan Natal dengan hikmat dengan listrik menyala 24 jam,” ucap Budiono.

Bersamaan dengan penambahan jam nyala listrik 24 jam di Bade, kata Budiono, PLN terus membangun fasilitas listrik di desa-desa yang belum tersentuh PLN. Tanggal 14 Desember 2023 secara serenta diresmikan pusat listrik yang sudah dibangun oleh PLN dengan total berjumlah 15 lokasi di Papua Selatan.

“Hari ini kita akan menyalakan 8 lokasi yang melistrikkan 10 kampung yang kurang lebih penduduknya berjumlah 813 jiwa. Ini semua bisa terlaksana berkat kolaborasi PLN dengan stakeholder masyarakat kemudian disupport oleh Bapak Pj. Gubernur dan Pj. Bupati Mappi,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo mengharapkan listrik dapat terus menyala non stop 24 jam di Bade dan wilayah sekitarnya di Kabupaten Mappi untuk bisa melayani seluruh kebutuhan masyarakat.

“Hari ini ada satu mesin baru yang ditempatkan oleh bapak GM PLN Budiono dengan kapasitas pembangkit 500 kwh yang sebelumnya sudah ada sekitar 700 kwh, total menjadi 1200 kwh. Tenaga listrik yang ada sekarang adalah 1200 kwh.

“Sementara beban puncaknya adalah 350 kwh. Artinya seluruh tenaga listrik yang disediakan jauh lebih besar dari yang kita butuhkan. Ini luar biasa. Artinya tidak boleh ada mati lampu. Terkecuali ada gangguan. Di Bade ini tenaga listrik lebih besar dari pada yang dibutuhkan. Jadi di Bade ini harus nyala non stop 24 jam,” kata Apolo Safanpo.

Apolo Safanpo menyebut perkembangan ekonomi dibarengi pembangunan infrastruktur perkantoran, perumahan dan pertumbuhan jumlah penduduk yang terus bertambah menyebabkan kebutuhan listrik terus meningkat.

“Orang bikin kantor baru, bangun rumah tentu kebutuhan listrik terus meningkat. Di Bade kita bersyukur sekali, tenaga listrik melebihi kapasitas penggunaan. Kita harapkan  masyarakat Bade selalu menjaga. fasilitas listrik yang dibangun PLN.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Provinsi Papua Selatan saya ucapkan terima kasih kepada General Manajer PLN Papua-Papua Barat atas kebijakan membangun pusat listrik di Bade dengan tenaga yang besar memenuhi kebutuhan listrik masyarakat,” tandas Pj. Gubernur Safanpo. (*)

Penulis : Hendrik Resi