0%
logo header
Minggu, 31 Juli 2022 13:58

Kerjasama Dengan Koica, PMI Makassar Gelar Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana Untuk Keluarga di Kelurahan Layang

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Sosialisasi kesiapsiagaan bencana untuk keluarga yang digelar oleh PMI Kota Makassar dalam program KOICA for KUAT (Keluarga Aman dan Tangguh), Sabtu (30/07/2022). (Istimewa)
Sosialisasi kesiapsiagaan bencana untuk keluarga yang digelar oleh PMI Kota Makassar dalam program KOICA for KUAT (Keluarga Aman dan Tangguh), Sabtu (30/07/2022). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Warga Kelurahan Layang, Bontoala, Kota Makassar, antusias mengikuti sosialisasi kesiapsiagaan bencana untuk keluarga yang diadakan oleh PMI Kota Makassar dalam program KOICA for KUATĀ  (Keluarga Aman dan Tangguh), Sabtu (30/07/2022).

Sebanyak 50 orang perwakilan keluarga yang berasal dari enam RW di Kelurahan Layang memadati Aula Kantor Lurah Layang di Jalan Tinumbu Lorong 149 untuk mengikuti program kerjasama PMI dengan KOICA ini.

Warga diberikan sosialisasi maupun edukasi terkait kesiapsiagaan, berbagi peran ketangguhan keluarga menghadapi gempa bumi. Serta dibimbing untuk mengisi daftar aksi kesiapan keluarga dan masyarakat menghadapi gempa.

Baca Juga : Pengurus Badko HMI Sulselbar Dapat Bantuan Pendidikan Wali Kota Makassar ke The University of Tokyo

“Daerah ini adalah wilayah padat penduduk. Jadi penting sekali bagi warga disini untuk paham dan tau strategi yang aman untuk melindungi anggota keluarganya dalam menghadapi bencana” ucap Sekretaris PMI Kota Makassar, Abdul Gafur.

Selain edukasi tentang gempa bumi, terangnya, warga juga diajak mengikuti simulasi tentang cara tepat memadamkan api agar tidak terjadi kebakaran dan pertolongan pertama kepada anggota keluarga yang teluka.

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan semangat dan menguatkan solidaritas masyarakat, Abd. Gafur didampingi Fuad Harja, Bendahara PMI Kota Makassar menyerahkan bantuan 2 unit alat pemadam api ringan (APAR) dan 1 unit megaphone  kepada Lurah Layang, Bahtiar.

Baca Juga : Libur Nasional, Showroom Kalla Kars Tetap Buka dan Siapkan Program Servis Gratis

Sementara pihak perwakilan Kelurahan Layang Bahtiar, menyampaikan terimakasih kepada PMI Kota Makassar telah memilih daerahnya untuk mendapatkan pengetahuan yang berharga ini.

“Yang disampaikan PMI sangat penting sekali untuk keselamatan warga. Kami selaku pemerintah daerah mendukung sekali kegiatan ini” katanya.

Dari laporan PIC kegiatan, Fardi, mengatakan bahwa program KOICA for KUAT di Kota Makassar ini akan dilaksanakan pada empat daerah berbeda dengan total target 200 keluarga.

Baca Juga : OJK Minta Masyarakat Waspadai Penipuan Modus Transaksi QR Code

Sekedar diketahui, kegiatan tersebut akan dilanjukan esok hari di Kelurahan Bara-baraya Timur, Kecamatan Makassar dan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya. Terakhir Senin (1/8/2022) yang dilaksanakan di Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo.

Penulis : Aswar (Staf PMI Kota Makassar)
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646