Kombes Pol Latif Usman Resmi Jabat Dirlantas Polda Metro Jaya

Kombes Pol Latif Usman Resmi Jabat Dirlantas Polda Metro Jaya

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Polri merotasi sejumlah jabatan strategis di tingkat Perwira Tinggi hingga menengah. Salah satunya jabatan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya.

Hal itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST / 214 / VI / KEP / 2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Dalam surat telegram tersebut diketahui bahwa jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya kini diduduki oleh Kombes Pol Latif Usman yang sebelumnya menjabat sebagai Dirlantas Polda Jawa Timur.

Hari ini, Kamis (14/07/2022) dilakukan serah terima jabatan yang dipimpin Kapolda Metro Jaya Irjen pol Fadil Imran.  Kombes Pol Latif Usman resmi menggantikan Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo yang dipromosikan menjadi Brigadir Jenderal Polisi dengan jabatan baru sebagai Kepala Biro Kebijakan Strategis Deputi Perencanaan Anggaran (Karojakstra) Kapolri.

Dirlantas Polda Metro Jaya saat ini, yakni Kombes Pol Latif Usman merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1995.

Nama Latif Usman sempat mencuat ketika menangani kasus kecelakaan Lalu Lintas yang menewaskan artis Vanessa Angel dan suaminya pada 4 November 2021 di Tol Jombang-Mojokerto.

Latif pun diketahui juga sempat bertugas di Polda Metro Jaya sebelum menjadi Dirlantas Polda Jawa Timur. Beberapa jabatan yang dia sempat duduk di Polda Metro Jaya antara lain Kabag Binopsnal Ditlantas, Kasubdit Regident Ditlantas, serta Wadirlantas Polda Metro Jaya.

“Kepada Kombes Latif selaku Dirlantas, jangan berkantor di ruangan karena seyogianya jalan raya adalah kantor bagi seluruh personel Ditlantas Polda Metro Jaya,” kata Fadil dalam amanatnya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (14/07/2022).

Kapolda Metro Jaya meminta Kombes Latif untuk aktif turun ke Lapangan melihat langsung masalah lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dia meminta adanya terobosan terkait penanganan lalu lintas.

“Lakukan analisa dan pecahkan masalah yang terjadi di jalan raya. Perhatikan titik-titik lokasi yang selalu terjadi kemacetan, lakukan upaya screening dan analisis untuk menyelesaikan masalah,” terang Fadil.

Penulis : Wahyu Widodo