Komisi III DPRD Luwu Timur Desak CLM Bangun Smelter

Komisi III DPRD Luwu Timur Desak CLM Bangun Smelter

REPUBLIKNEWS.CO.ID, LUWU TIMUR – Sejak melakukan aktivitas tambang di Desa Harapan, Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur, PT. Citra Lampia Mandiri (CLM) belum juga ada signal untuk membangun smelter.

Terkait hal itu, Ketua Komisi III DPRD Kabuaten Luwu Timur, Badawi Alwi mendesak PT. CLM agar segera membangun Smelter sesuai dengan komitmen PT. CLM akan membangun Smelter setelah dua tahun beroperasi.

“Seharusnya PT. CLM sudah ada persiapan untuk pembangunan Smelter, tapi mengherankan hingga saat ini belum juga terlihat persiapan tersebut,” ucap Badawi, Rabu (30/03/2022).

“Sebelumnya memang ada komitmen dari Management PT. CLM kalau dalam dua tahun beroperasi akan membangun Smelter, tapi kenyataannya hingga saat ini belum juga ada signal untuk pembagunan smelter tersebut,” tambahnya.

Badawi mengungkapkan, pembangunan Smelter dikawasan lokasi tambang PT. CLM harus segera di realisasikan.

“Seharusnya hasil penambangan ore nikel dikelola secara langsung melalui Smelter, sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, terkhusus masyarakat yang berada disekitar,” tutur Badawi.

Badawi menambahkan, di Kabupaten Luwu misalnya, walaupun tidak memiliki potensi ore nikel tapi ada investor yang berani membangun smelter.

“Sementara di area izin usaha pertambangan PT. CLM sudah sangat jelas ore nikel melimpah, tapi kok tidak membangun Smelter, makanya saya berharap agar PT. CLM segera melakukan pembangunan Smelter,” pungkasnya. (*)