Komisi Informasi Sulsel Sebut Peran PPID Gowa Meningkat Signifikan

  • Bagikan
Komisi Informasi Sulsel melakukan Monitoring ke PPID Pemkab Gowa, Selasa (23/11/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA – Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dinilai memberikan peran yang cukup signifikan dalam memberikan layanan terbaik terhadap penyediaan informasi publik.

Hal ini diakui Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan (KI Sulsel) melalui kegiatan monitoring dan evaluasi PPID kabupaten/kota. Dimana melalui monitoring lewat tahapan visitasi, Kabupaten Gowa berhasil masuk pada penilaian PPID Terbaik Tingkat Provinsi Sulsel.

“Kabupaten Gowa hari ini menjadi salah satu daerah di Sulsel yang masuk nominasi. Hari ini kita apresiasi bagaimana proses mekanisme pelayanan informasi yang diperankan oleh PPID Utama dari hasil pengamatan kami terjadi peningkatan signifikan,” terang anggota KI Sulsel, Khaerul Mannan, Selasa (23/11/2021) kemarin.

Lanjut Khaerul, ke depan memang masih perlu ada pembenahan lagi utamanya optimalisasi portal PPID agar lebih memudahkan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Adapun tujuan visitasi KI Sulsel di Kabupaten Gowa ini adalah dalam rangka pemeringkatan pengelolaan layanan informasi publik oleh PPID Kabupaten Gowa.

Sementara, Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa Muh Irwan Ispar menilai, kehadiran KI Sulsel di Kabupaten Gowa merupakan sebuah penanda bahwa PPID Gowa terus meningkatkan kinerjanya sejak terbentuk pada 2016 lalu sampai sekarang ini.

“Alhamdulillah, kita ini dari tahun ke tahun ada peningkatan. Pada 2019 kita di peringkat 23 dari 24 kabupaten dan kota. Tapi di 2021, kita telah disejajarkan dengan yang terbaik,” ujar Irwan.

Ke depan, Irwan juga berharap agar perhatian dan dukungan dapat terus diberikan agar layanan informasi publik yang dilaksanakan PPID Gowa juga menjadi lebih baik lagi.

“Harus lebih maju dari yang sekarang sehingga nanti minimal kita bisa sama dengan yang sudah bagus. Bahkan nanti orang lagi yang datang belajar ke kita di Kabupaten Gowa,” imbuhnya.

Untuk diketahui, visitasi ini merupakan tahap akhir penilaian, yang mana sebelumnya telah dilalui beberapa tahapan seleksi yaitu pengumpulan Self Assessment Qustionnaire (SAQ), kemudian melakukan presentasi, dan akhirnya 15 kabupaten/kota dengan nilai teratas dilakukan visitasi untuk menentukan PPID dengan peringkat terbaik se-Sulawesi Selatan. (Rhy)

  • Bagikan