Lebaran Kukar 2024 Siap Dikawal Relawan PMI

Lebaran Kukar 2024 Siap Dikawal Relawan PMI

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, mengapresiasi kesiapan relawan Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kutai Kartanegara (Kukar) dan meminta para camat untuk mendukung mereka. Pasalnya para sukarelawan ini bakal bersiaga di posko mudik dan balik lebaran menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Saya bangga dan mengapresiasi eksistensi PMI Kukar dan PMI yang tersebar di 20 kecamatan,” kata Sunggono pada Kamis (4/4/2024). “Sejak dikukuhkan kepengurusan baru, sudah memberikan manfaat bagi masyarakat.”

Menurut Sunggono, kinerja positif PMI dalam membantu masyarakat harus terus dipertahankan dan ditingkatkan melalui kerja bersama dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah masing-masing.

“Agar lembaga ini makin kuat dan jangkauan bantuan bisa masuk ke pelosok desa,” tambahnya.

Sunggono juga menekankan pentingnya kesolidan seluruh relawan PMI yang ada di lapangan, baik solid sesama anggota per kecamatan, antarkecamatan, hingga solid anggota mulai kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga pusat.

“Semua relawan PMI juga harus terus mengembangkan diri dan diharapkan jiwa kemanusiaan ini bisa tumbuh sejak usia dini, yakni melalui pembinaan dan pengembangan Palang Merah Remaja (PMR) di satuan pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi,” katanya.

Menjelang Idul Fitri, intensitas pemudik meningkat dan relawan PMI dibutuhkan untuk membantu masyarakat.

“Tingginya jumlah pemudik yang satu sisi dalam suasana gembira, namun di sisi lain bisa berpotensi terjadi masalah selama perjalanan seperti kemacetan, kecelakaan, dan hal yang tidak diinginkan,” kata Sunggono.

Untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, PMI Kukar bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan antara lain Polres Kukar, pemerintah daerah, dan instansi lainnya.

“Dengan demikian, kita dapat mendukung kegembiraan masyarakat selama mudik dan balik lebaran,” pungkas Sunggono. (ADV/Diskominfo Kukar)