Menengok Gemuruh Takbir Malam Idulfitri di Kutai Kartanegara

Menengok Gemuruh Takbir Malam Idulfitri di Kutai Kartanegara

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA – Gemuruh takbir memulai Lomba Pawai Takbiran Keliling yang diikuti oleh 27 kelompok pada Selasa malam (09/04/2024). Suasana malam di Kota Raja Tenggarong berubah menjadi penuh semangat. Acara yang berlangsung di halaman Kedaton Kesultanan Kutai Kertanegara Ing Martadipura ini dibuka oleh Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah.

Kemeriahan tak hanya terasa di halaman kedaton, tetapi juga menyebar ke seluruh penjuru Kota Raja Tenggarong. Ribuan warga tampak memadati kawasan kedaton dan Monumen Pancasila, menyaksikan dan mengiringi pawai yang melintasi jalan-jalan utama kota. Dalam sambutannya, Edi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada panitia, peserta, dan warga yang telah berpartisipasi dalam agenda tahunan ini.

“Takbiran keliling adalah cara kita untuk terus menggemakan takbir, tahmid, dan tahlil,” ucap Edi, menekankan pentingnya tradisi ini dalam menyampaikan pesan keagamaan.

Edi juga mengungkapkan apresiasinya kepada umat muslim yang telah memakmurkan masjid dan langgar di seluruh wilayah Kutai Kartanegara.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat positif bagi kita semua,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1445 H, seraya memohon maaf lahir dan batin atas nama pribadi, keluarga, serta Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sebagai penutup, Edi mengimbau masyarakat untuk merayakan Idulfitri dengan penuh kegembiraan, berkumpul bersama keluarga, dan menjalin silaturahmi. Ia juga mengingatkan pentingnya keamanan rumah saat bepergian,

“Pastikan kompor dan listrik telah dimatikan, serta pintu rumah terkunci dengan baik,” pesan Edi, mengutamakan keselamatan dan keamanan selama perayaan berlangsung. (ADV/Diskominfo Kukar)