Mengenal Kampung Rewako, Kampung Tangguh Lawan Covid 19

  • Bagikan
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.(Istimewa)


REPUBLIKNEWS.CO.ID,GOWA-Perumahan Griya Persada Manggarupi, Kelurahan Paccinongan, Kecamatan Somba Opu merupakan salahsatu kampung Rewako (berani) yang ada di kabupaten Gowa Sulsel. Setahun yang lalu, (11/6/2020) pemukiman ini dicanangkan oleh Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan sebagai program Kampung Rewako Polres Gowa.
Saat itu Bupati Adnan sangat mengapresiasi atas inisiasi jajaran polres yang bekerja sama Pemerintah Kabupaten Gowa dan jajaran Kodim 1409 Gowa dan sejumlah pihak untuk mendirikan Kampung Rewako di tengah pandemi Covid-19 ini.
Menurutnya, dampak Covid-19 ini cukup besar, tak hanya di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan Indonesia tetapi juga dirasakan di seluruh negara di dunia.
“Selain dampak penyakit, juga menimbulkan dampak lain seperti data menunjukkan bahwa banyak yang terkena PHK karena tidak ada akselerasi ekonomi. Kemudian banyak yang dirumahkan dan banyak yang tadinya memiliki pekerjaan dan pendapatan kita tidak ada lagi,” ujar Adnan.

Sehingga kata Adnan, kehadiran Kampung Rewako ini akan membantu untuk penanganan Covid-19, khususnya pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat.

Kampung Rewako dilengkapi dengan dapur umum, pembibitan sayur mayur, pembudidayaan ikan lele, tempat jahit masker, pelayanan kesehatan, ruang isolasi, ruang logistik dan kandang ternak.
Orang nomor satu di Gowa itu juga menjelaskan bahwa, penanganan Covid-19 ini butuh kerja sama semua pihak. Ia berharap dengan adanya Kampung Rewako ini selain untuk pemenuhan pangan juga dapat meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran masyarakat sehingga mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Gowa dapat diputus.
Dia berharap kelurahan-kelurahan di Kabupaten Gowa bisa berinovasi menghadirkan Kampung Rewako dan menjadi percontohan di Sulawesi Selatan.
” meski saat ini angka covid 19 terus melandai, tapi Kita juga mengajak untuk meningkatkan kedisiplinan dengan cara memakai masker, jaga jarak, tidak berkontak, tidak bersalaman dan rajin cuci ,” ujarnya Selasa (7/6/2021) saat ditanya perkembangan program kampung rewako. Adnan menjelaskan bahwa saat ini program rewako tidak hanya tangguh dalam menghadapi covid 19, tapi juga dikembangkan dengan berbagai program lainnya. Mulai sebagai kampung demokrasi, kampung KB hingga kampung mandiri kamtibmas.
Meski tujuan awal pendirian Kampung Rewako untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Gowa,namun kini sudah semakin berkembang.
Setelah setahun dicanangkan, Kampung Rewako tidak hanya di Perumahan Griya Persada, namun kini kampung rewako sudah ada di setiap desa dan keluruhan.

  • Bagikan