Pembangunan PLTU Sulsel Barru-2 Berhasil Lewati Tahap Hydrostatic Test

  • Bagikan
Proses pengujian Hydrostatic Test pembangunan PLTU Sulsel Barru-2. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA – PT PLN (Persero) kembali meningkatkan pasokan listrik di Desa Lampoko, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan dengan menambah kapasitas pembangkit melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sulsel Barru-2.

Hingga proses pembangunannya yang dilakukan sejak 2018 lalu telah berhasil melalui sejumlah tahap pengujian. Antara lain pengujian Backfeeding pada awal Agustus 2021 yang lalu, kemudian pada Senin (13/09) lalu berhasil melewati tahap Hydrostatic Test.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Defiar Anis mengatakan, pembangunan PLTU ini ditargetkan rampung pada 2022 mendatang dengan kapasitas sebesar 100 mega watt (MW).

“Pembangunan PLTU ini juga dalam rangka meningkatkan pasukan listrik di wilayah Sulawesi khususnya sistem kelistrikan di Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel),” katanya, Selasa (14/09/2021).

Selanjutnya, untuk progress konstruksi pembangunan PLTU yang dikerjakan Konsorsium PT Wijaya Karya (Persero) Tbk – Mitsubishi Corporation telah mencapai 90 persen.

Ia menyebutkan, pada proses pengujian ini, pipa diisi air dengan menggunakan tekanan ekstra tinggi yaitu satu setengah kali lebih tinggi dari keadaan normal. Tujuan dilakukannya pengujian ini untuk memastikan pipa -pipa boiler sudah aman dan tidak terdapat kebocoran.

  • Bagikan