0%
logo header
Kamis, 13 Juni 2024 22:44

Penguatan Pemberitaan dalam Pengawasan Pilkada Serentak 2024, Bawaslu Sulsel Bangun Sinergitas dengan Media

Rizal
Editor : Rizal
Kegiatan konsolidasi media dalam rangka menghadapi Pilkada serentak 2024 yang digelar Bawaslu RI difasilitasi Bawaslu Sulsel di Cafe Plazgozz, Jalan Yusuf Dg Ngawing, Makassar, Kamis (13/6/2024). (Foto: Istimewa)
Kegiatan konsolidasi media dalam rangka menghadapi Pilkada serentak 2024 yang digelar Bawaslu RI difasilitasi Bawaslu Sulsel di Cafe Plazgozz, Jalan Yusuf Dg Ngawing, Makassar, Kamis (13/6/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Tahapan Pilkada serentak tahun 2024 sudah didepan mata. Semua stakeholder pun diharap bisa ikut berkontribusi dalam menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Untuk itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan terus membangun sinergitas dengan semua pihak demi menunjang kinerja pengawasan yang mereka lakukan. Salah satunya dengan menggandeng pihak media massa, baik cetak maupun elektronik.

Hal itu menjadi pembahasan utama dalam acara konsolidasi media dalam rangka penguatan pemberitaan pada pengawasan tahapan pemilihan serentak tahun 2024 yang digelar Bawaslu RI dengan difasilitasi oleh Bawaslu Sulsel. Kegiatan tersebut berlangsung di Cafe Plazgozz, Jalan Yusuf Dg Ngawing, Makassar, Kamis (13/6/2024).

Baca Juga : Ratusan PPPK Pemkab Gowa Ikut Orientasi, Diminta Terapkan ASN Berakhlak

Hadir Sub Koordinator Bagian Humas dan Media Massa Bawaslu RI Ahmad Ali Imron, Kepala Divisi Data dan Informasi Bawaslu Sulsel Alamsyah, serta para peserta diskusi yang berasal dari kalangan media massa, mahasiswa, LSM dan NGO.

Dalam sambutannya, Sub Koordinator Bagian Humas dan Media Massa Bawaslu RI, Ahmad Ali Imron menekankan pentingnya sinergitas dengan media massa dalam mengawal tahapan pengawasan yang dilakukan Bawaslu di Pilkada serentak 2024.

“Semua unsur, termasuk insan pers punya tugas untuk mendidik masyarakat. Jadi, bukan hanya tugas Bawaslu dan KPU saja sebagai penyelenggara,” kata Ahmad Ali Imron.

Baca Juga : SS Sport Centre Kini Hadir di Gowa, Adnan: Bantu PAD Meningkat

Senada dengan itu, Kepala Divisi Data dan Informasi Bawaslu Sulsel, Alamsyah berharap kegiatan konsolidasi media ini bisa menjadi titik awal jalinan sinergitas yang semakin baik kedepannya. Ia berharap peranan media massa dalam mengedukasi masyarakat terkait tahapan pengawasan Pilkada serentak 2024 dapat meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan wujud sinergitas kita dalam rangka menegakkan demokrasi di Sulsel. Peranan media massa tentu sangat membantu kami dalam melaksanakan kerja-kerja pengawasan di lapangan,” ujar Alamsyah.

Kegiatan konsolidasi media ini ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Hadir sebagai narasumber masing-masing jurnalis Media Indonesia, Yakub Prayatama, serta Ketua AJI Kota Makassar, Didit Haryadi. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646