Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Sinjai Resmi Dilantik

Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Sinjai Resmi Dilantik

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI – Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Sinjai masa bakti 2022-2026 resmi dilantik, Sabtu (5/3/2022). Pelantikan dihelat di Aula Pertemuan Hotel Sanjaya, Sinjai.

Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Sulsel, Prof Dr Gemini Alam hadir langsung melantik para pengurus IAI Cabang Sinjai yang diketuai oleh A Yasmin Yuliantina tersebut.

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa yang turut hadir dalam pelantikan itu menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus cabang IAI Sinjai yang baru dilantik. Ia berharap praktek kefarmasian di Sinjai semakin maju.

Tantangannya, kata Andi Seto, hingga saat ini profesi apoteker belum terlalu familiar ditengah masyarakat. Makanya, jumlah apoteker di Sinjai yang saat ini masih berjumlah 48 orang dinilai sangat minim.

“Padahal, disisi lain apoteker memiliki peran vital dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Makanya, saya harap profesi apoteker bisa dipromosikan kepada masyarakat sehingga mereka memiliki minat untuk menjadi apoteker,” harap Andi Seto.

Saat ini, katanya, pemerintah daerah berusaha untuk melindungi masyarakat dari obat kadaluarsa. Untuk itu, Andi Seto menitip harapan agar para apoteker yang ada di Sinjai bisa membantu dalam melindungi kesehatan masyarakat dari peredaran obat-obat yang sudah kadaluarsa.

“Kami sangat berharap para apoteker ikut memberikan edukasi kepada masyarakat atau pasien terkait penggunaan obat. Bagaimana memberi pemahaman mengenai takaran obat yang digunakan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah IAI Sulsel, Gemini Alam menjelaskan bahwa seorang apoteker tidak hanya sekadar menakar obat untuk pasien, tetapi juga harus menjadi ujung tombak terdepan dalam melakukan edukasi tentang penggunaan obat-obatan.

“Salah satu tugas apoteker adalah edukasi dagusibu yaitu bagaimana mendapatkan obat, cara menggunakan obat, cara menyimpan obat dan bagaimana membuang obat. Ini yang perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat,” singkatnya.

Acara pelantikan pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Sinjai sendiri turut dihadiri oleh perwakilan Forkopimda, Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr Emmy Kartahara Malik, Direktur RSUD Sinjai dr Kahar Anies, para kepala OPD, serta organisasi profesi kesehatan yang ada di Kabupaten Sinjai. (*)

Penulis : Asrianto