Polres Mappi Terjunkan Ratusan Personel Pengamanan Tahapan Penetapan Paslon Pilkada 2024

Polres Mappi Terjunkan Ratusan Personel Pengamanan Tahapan Penetapan Paslon Pilkada 2024

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAPPI – Kepolisian Resor (Polres) Mappi menerjunkan kurang lebih 160 personel pengamanan Tahapan Penetapan Pasangan Calon Pilkada Serentak 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mappi tanggal 22 September 2024.

Tahapan penetapan calon di Pilkada Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan merupakan agenda paling krusial dan rawan yang berpotensi pada konflik horizontal antar kubu pasangan calon dan massa penduduk di Kabupaten Mappi, sehingga faktor pengamanan pada tahapan ini menjadi skala prioritas untuk menciptakan Pilkada Damai dan kondusif.

Kapolres Mappi, AKBP Yustinus S. Kadang mengatakan, dua pertiga  dari kekuatan personel Polres Mappi dikerahkan untuk mengamankan jalannya agenda Pilkada Mappi 2024 terutama tahapan penetapan pasangan calon( Paslon) Bupati dan Wakil  Bupati oleh KPU kabupaten.

“Total personel Polres Mappi berjumlah 257 orang, berarti dua pertiga (2/3) dari jumlah itu adalah sekitar 160-an personel. Oleh sebab itu, manakala kami memang membutuhkan personel tambahan, ya, kami minta BKO dari Polda Papua baik dari polisi umum maupun dari Brimob,” kata AKBP Yustinus Kadang kepada awak media di sela-sela latihan menembak personel Polres di Jl. Irian kilometer 8 Kampung Emete, Kepi, Sabtu (21/09/2024).

AKBP Yustinus Kadang menekankan pola pendekatan persuasif dalam motede pengamanan tahapan Pilkada Serentak di Mappi guna menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif yang menunjang kelancaran agenda Pilkada Mappi dimaksud.

“Yang pasti, kita akan kedepankan pola persuasif. Kita mengimbau masyarakat agar tetap menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, sehingga Pilkada ini dapat berjalan aman, damai dan lancar. Betul-betul kita siapkan itu,” ujarnya.

“Beberapa minggu lalu kita sudah melakukan latihan pra-Ops untuk membina kesiapan mental anggota dan kemampuan menggunakan sarana prasarana penunjang operasi pengamanan Pilkada Mappi 2024,” tutup orang nomor satu di jajaran Polres Mappi ini. (*)

Penulis : Hendrik Resi