Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Buton di Upacara Kemerdekaan ke-77

Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Buton di Upacara Kemerdekaan ke-77

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara, saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Rabu (17/8/2022).

Presiden Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” kata Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Jokowi juga memakai peci bewarna merah. Selain itu, penampilan Jokowi dilengkapi dengan kain di bagian bawahnya.

Presiden Jokowi juga memegang Tongkat Kesultanan Buton serta dilengkapi dengan keris di bagian Pinggang.

Rangkaian upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat dimulai pada pukul 09.40 WIB.

Prosesi upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI dimulai dengan peniupan terompet pertama dan dilanjutkan dengan peniupan terompet kedua empat menit kemudian.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wurry memasuki lokasi upacara pada pukul 09.56 WIB.

Pada pukul 10.00, peringatan detik-detik proklamasi yang ditandai dengan tembakan meriam 17 kali, sirine, beduk di Masjid-Masjid serta lonceng di Gereja-Gereja akan dibunyikan selama 1 menit. Kemudian dilanjutkan pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sementara itu, upacara pengibaran bendera merah putih dimulai pada pukul 10.11 WIB. Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) memasuki lapangan upacara.

Pukul 10.21 WIB akan dilakukan pengibaran bendera sang merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, penghormatan dipimpin Komandan Upacara.

Acara dilanjutkan dengan pertunjukan Flypast pesawat tempur dan helikopter TNI AU. Setelah itu, prosesi upacara dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu oleh Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan meninggalkan tempat upacara tepat pukul 11.00 WIB.

Penulis : Wahyu Widodo