Prof Muhammad Darwis Bahasa Pemisah Dunia Binatang dan Manusia

Prof Muhammad Darwis Bahasa Pemisah Dunia Binatang dan Manusia

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Guru Besar Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas Prof.Dr.H.Muhammad Darwis, M.S. mengatakan, bahasa adalah pemisah antara dunia kebinatangan dengan manusia karena hanya manusia yang dapat berbahasa.

“Dengan bahasa kita dapat mengangkat keberadaban,” ujar Ketua Senat FIB Unhas itu ketika berbicara di depan 48 mahasiswa baru yang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Departemen Sastra Indonesia FIB Unhas, Jumat (19/8/2022) yang dibuka Ketua Departemen Sastra Indonesia Dr.Hj. Munira Hasyim, S.S., M.Hum.

Prof.Muhammad Darwis mengatakan, studi bahasa mencakup studi bahasa sebagai objek dan orientasi bahasa. Kedua, srudi bahasa dalam karya sastra untuk kepentingan estetika, meskipun berupa artifisial (buatan) semata. Ketiga, bahasa sebagai suatu produk budaya.

Prof. Darwis memberikan contoh, penggunaan kata “kita” dapat dilihat dari sisi semantik yang bermakna sebagai orang pertama jamak. Namun dari segi fragmatik kata ”kita” kerap digunakan sebagai terhadap kata ganti orang kedua yang dianggap dihormati.

“Ada seorang sopir taksi memuat seorang penumpang perempuan bukan orang Makassar yang berkata,” kita menginap di hotel mana?,” kata Prof.Darwis yang ternyata kalimat ini menimbulkan kekhawatiran. Pasalnya, perempuan penumpang taksi memaknai kalimat tersebut pengemudi itu hendak menginap bersama dengan perempuan tersebut.

“Penggunaan kata “kita” tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan kita di Makassar berkaitan dengan penggunaan kata dari fragmatik untuk orang yang terhormat.

Setidaknya ada dua pengalaman lain yang berkaitan penggunaan kata “kita” yang tidak memperhatikan konkteks dan latar belakang budaya lawan bicara ini.

Ketua Panitia Pengenalan Kampus Departemen Sastra Indonesia FIB Unhas Rismayanti, S.S., M.Hum menjelaskan, acara ini diisi dengan pengenalan kurikulum dibawakan Dra.Muslimat, M.Hum, Pengenalan Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur (Dra.Nursa’adah, M.Hum),Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) oleh Rismayanti, S.S.M, Hum, Prospek Kerja Alumni (Ihlam S.S., M.Hum), pembacaan puisi (dibawakan Bucek Fahrezy, S.S.). Setelah materi Prof. Dr. H. Muhammad Darwis, M.S. dilanjutkan dengan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) dan Pengenalan SIKOLA (Sumartina, S.E. dan Hj. Indarwati, S.S.,M,Hum). Pengenalan kampus tersebut ditutupSekretaris Departemen Sastra Indonesia Rismayanti, S.S., M.Hum.

Para mahasiswa Departemen Sastra Indonesia FIB dan mahasiswa Unhas lainnya, Senin (22/8/2022) akan mulai menjalani perkuliahan.

Penulis : M. Dahlan Abubakar