Sartono Tekankan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PONOROGO – Sartono Hutomo, Anggota DPR MPR RI dari Fraksi Demokrat, Dapil Provinsi Jawa Timur VII menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kadipaten, Kec. babadan Kab. Ponorogo, Kamis (2/3/2023).

Kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini dihadiri oleh beberapa narasumber, Amamah (Akdemisi), Suprayitno, dan Bayu Chandra (TA DPR RI) dan Bapak Sartono Hutomo Anggota DPR RI, yang sekaligus membuka kegitan sosialisasi tersebut.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri sekitaran 150 peserta dari berbagai unsur masyarakat

Adapun 4 pilar kebangsaan yang menjadi materi sosialisasi yakni Pancasila, Wawasan Kebangsaan, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Anggota DPR RI Sartono Hutomo pada saat menyampaikan materi sosialisasi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program dari DPR MPR RI terkait tentang pentingnya 4 pilar yang perlu diketahui oleh seluruh warga negara Republik Indonesia, dimana saat ini guna mencegah terjadinya paham yang bertentangan dengan idiologi negara yakni salah satunya paham tentang radikalisme.

“Oleh karena itu, kami selaku anggota DPR MPR RI memiliki tugas dalam hal mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan di seluruh Indonesia, karena dengan dilandasi 4 pilar tersebut persatuan dan kesatuan negara kita tetap terjaga dengan satu ideologi yang sama yakni Pancasila sebagai dasar negara,” imbuhnya.

Aktualisasi nilai pancasila menjadi penekanan dalam kegiatan sosialisasi ini, sartono mengingatkan bahwa nilai dasar pancasila sebagai landasan nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut, Sartono mengatakan pembinaan ideologi Pancasila terhadap masyarakat harus terus dilakukan untuk menyampaikan bahwa ideologi ini merupakan garis besar kehidupan bangsa.

“Masyarakat perlu mempelajari, menghayati dan mengimplementasikan Pancasila,” ujarnya.

Ia menyampaikan Ponorogo terus mengimplementasikan Pancasila yang salah satunya gotong royong yang sudah dianut oleh leluhur bangsa ini semenjak dulunya.

Ringkasnya beberapa upaya yang harus diperhatikan dalam menumbuhkan nilai pancasilai yaitu : Melalui dunia pendidikan, dengan menambahkan mata pelajaran khusus pancasila pada setiap satuan pendidikan bahkan sampai ke perguruan tinggi; Lebih memasyarakatkan pancasila; Menerapkan nilai – nilai tersebut dalam kehidupan sehari – hari; Memberikan sanksi kepada pihak – pihak yang melakukan pelanggaran terhadap pancasila; Menolak dengan tegas paham – paham yang bertentangan dengan pancasila. tutupnya