0%
logo header
Selasa, 26 Oktober 2021 11:25

Sehati Group Bantu Perangkat TeleCTG untuk Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi di Gowa

Penggunaan perangkat TeleCTG yang mulai diterapkan Pemkab Gowa dalam menekan AKI dan AKB yang didukung Sehati Grup. (Istimewa)
Penggunaan perangkat TeleCTG yang mulai diterapkan Pemkab Gowa dalam menekan AKI dan AKB yang didukung Sehati Grup. (Istimewa)

Sebagai perempuan, dirinya sadar betul bagaimana ketiga tantangan tersebut belum terselesaikan, terus berulang dan berdampak besar pada bangsa. Berangkat dari kegelisahannya tersebut, sebagai anak bangsa, ia bersama kawan-kawan mencari solusi dengan menciptakan alat kesehatan maternal yang ia beri nama Sehati TeleCTG.

“Alat berbasis IoMT ini menjadi yang pertama di dunia, saya ingin ibu-ibu hamil di Indonesia menjadi yang pertama merasakan manfaat alat ini,” jelasnya.

Alat ini juga memberikan akses yang sama terhadap pelayanan kesehatan maternal berkualitas karena saat ini di Indonesia tercatat dua perempuan meninggal setiap jamnya saat melahirkan. Sehati TeleCTG juga bisa diandalkan untuk membantu mendeteksi faktor risiko secara dini dan melakukan monitoring serta kolaborasi antar profesi.

Baca Juga : Beredar Pamflet KLB PC PMII Baubau, Ketua Komsat PMII UMB: Itu Mengada-ngada

Selanjutnya, Sub Koordinator Inisiatif Digital Kesehatan, Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Ariefati Wiratama memastikan pihaknya mendukung penuh Kabupaten Gowa untuk menerapkan TeleCTG dalam mendukung pelayanan kesehatan ibu hamil.

“Kami berharap penerapan alat ini bisa mendukung percepatan transformasi digital khususnya di sektor kesehatan,” jelas Ariefati.

Menurutnya, ia menilai urgensi penerapan Sehati TeleCTG ini adalah untuk menjawab minimnya kemampuan deteksi dini faktor risiko ibu hamil. Sehingga, dengan peningkatan kualitas tenaga kesehatan dalam menerapkan teknologi digital bidang maternal, juga didukung oleh platform TeleCTG yang mampu meningkatkan integrasi data, akan membantu penanganan permasalahan maternal.

Baca Juga : Tembus ke Pelatnas Bulutangkis, Reza dan Sofy Harumkan Nama Sulsel

“Kementerian Kominfo hadir terdepan dan mengambil peran dalam percepatan transformasi digital nasional, khususnya di sektor kesehatan,” terangnya. (Rhy)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998