Sejumlah Jabatan Lowong di Lingkup Pemkot Parepare, Kepala BKPSDMD : Sudah Ada Ditunjuk Plt

Sejumlah Jabatan Lowong di Lingkup Pemkot Parepare, Kepala BKPSDMD : Sudah Ada Ditunjuk Plt

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Sejumlah jabatan eselon II atau setingkat kepala dinas lingkup Pemkot Parepare, kosong. Itu karena pejabatnya telah pensiun. Baru-baru ini, sejumlah pejabat eselon II telah pensiun.

Yakni Samsuddin Taha yang sebelumnya Kepala Bappeda dan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Muhlis Salam yang sebelumnya Kepala Badan Kesbangpol pun telah pensiun. Muhammad Ansar yang sebelumnya Kasatpol PP juga telah pensiun, dan jabatan lainnya. Kekosongan itu pun diisi dengan pejabat pelaksana tugas atau Plt.

Hal itu dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Parepare, Adriani Idrus.

Ia mengungkapkan, sejumlah jabatan lowong untuk sementara ditunjuk pelaksana tugas. “Sudah ada pejabat yang ditunjuk sebagai Plt untuk mengisi kekosongan jabatan eselon II atau setingkat kepala dinas,” ujar Adriani, Kamis (2/03/2023).

Menurutnya, pengisian jabatan lowong dengan menempatkan pelaksana tugas untuk mengakselerasi penyelenggaraan organisasi perangkat daerah agar tidak terjadi kevakuman.

Ia pun menyebutkan pejabat yang ditunjuk pelaksana tugas untuk mengisi kekosongan sejumlah jabatan. Di antaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Budi Rusdi ditunjuk Plt Kepala Dinas PUPR.

Lalu, Asisten III,Eko W Ariayadi ditunjuk Plt Kepala Bappeda. Kemudian Kadis Sosial, Hasan Ginca ditunjuk Plt Kepala Badan Kesbangpol.

Tak hanya itu, ada beberapa pejabat Plt juga ikut diganti karena masa jabatannya selesai. Yakni, Anwar Amir yang sebelum Plt Kepala Dinas Perpustakaan, kini dijabat oleh Kepala Disdikbud, Arifuddin Idris sebagai Plt Kepala Dinas Perpustakaan.

“Yang tetap itu, dan tidak berubah Plt Kepala Disdukcapil, yakni H Suriani, dan Plt Kasatpol PP, yakni Ulfa Lanto,” kata Adriani.

Ia menambahkan, jabatan pelaksana tugas itu hanya berlaku hingga tiga bulan lamanya.

“Tiga bulan atau sampai pejabat defenitif ada (bisa kurang dari tiga bulan,” tandasnya. (Adv)