Selain Makassar, Kabupaten Gowa Juga Ditunjuk Jadi Daerah Pelaksanaan Festival Senam Lansia Indonesia

Selain Makassar, Kabupaten Gowa Juga Ditunjuk Jadi Daerah Pelaksanaan Festival Senam Lansia Indonesia

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA – Kabupaten Gowa akan menjadi lokasi pelaksanaan event Nasional yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Kegiatan bertajuk Festival Senam Lansia ini rencananya akan berlangsung pada 16-17 Juli 2021 mendatang.

Dijadikannya Kabupaten Gowa sebagai lokasi pelaksanaan event tersebut karena dianggap memiliki kepedulian terhadap olahraga. Hal ini dilihat setelah pemerintah setempat melaunching program Rabu Sehat dengan tujuan untuk menjaga kebugaran dan imunitas tubuh para Aparatur Sipil Negera (ASN).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel Andi Arwin Azis mengatakan, Kabupaten Gowa akan menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan Festival Senam Lansia. Di Sulsel ada dua daerah yang menjadi penyelenggara yaitu Kabupaten Gowa dan Kota Makassar. Kegiatan ini diperuntukkan bagi pra lansia dan lansia (45 tahun keatas).

“Festival senam lansia ini adalah program dari pusat, dan Sulsel dipilih menjadi tuan rumah sehingga kami dari provinsi memilih Kabupaten Gowa dan Kota Makassar sebagai lokasi penyelenggaraan festival,” ungkapnya saat melakukan audiens bersama Bupati Gowa, di Baruga Karaeng Galesong, Rabu (30/06/2021).

Salah satu alasan penting dipilihnya Kabupaten Gowa kata Andi Arwin, karena daerah ini memiliki program Rabu Sehat dimana setiap hari tersebut rutin melakukan olahraga senam untuk menjaga imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19.

“Pertimbangan kami memilih Gowa, kami melihat adanya program Rabu Sehat. Dari kegiatan itu kita menyimpulkan bahwa pemerintah sangat intens mengkampanyekan olahraga di tengah pandemi Covid-19. Karena salah satu solusi menjaga kebugaran dan imunitas tubuh di masa pandemi ini adalah rutin melakukan olahraga,” jelasnya.

Selain itu, ia juga memastikan sebelum pelaksanaan seluruh peserta mengikuti rapid antigen agar ketika festival ini dimulai seluruh peserta bisa terhindar dari penularan Covid-19 ditambah dengan penerapan protokol kesehatan.

Menaggapi hal ini, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyambut baik program tersebut. Menurutnya hal ini sebagai bentuk perhatian provinsi ke Gowa karena menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Festival Senam Lansia ini.

Kendati demikian untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Adnan meminta kegiatan tersebut dilakukan di ruangan terbuka dengan prokes ketat, terlebih lansia meruapakan salah satu kategori rentan terhadap penularan Covid-19.

“Alhamdulillah, Gowa dinilai sebagai daerah yang peduli terhadap pengembangan atau pola hidup sehat masyarakat dan ASN, sehingga program dari Kemenpora ini akan dilakukan di Gowa,” ujarnya.

Ia pun berharap, kegiatan tersebut dilakukan di tempat terbuka dengan menawarkan Pelataran Ballalompoa. Bahkan dirinya meminta agar peserta pada kegiatan tersebut harus dibatasi sebanyak 150 orang saja serta penerapan protokol kesehatan yang ketat. (Rhy)