Silaturahmi Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kaltim Bahas Persiapan HUT RI di IKN Nusantara

Silaturahmi Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kaltim Bahas Persiapan HUT RI di IKN Nusantara

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BALIKPAPAN — Pertemuan silaturahmi antara pihak Sekretariat Presiden RI dengan para Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Kalimantan Timur (Kaltim) di Markas Kodam VI/ Mulawarman, Balikpapan, Kamis (13/06/2024) menghasilkan poin penting.

Pertemuan ini dihadiri oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar Rinda Desianti, Pangdam VI/ Mulawarman, Polda Kaltim, Pemprov Kaltim, Pemerintah Kabupaten/ Kota di Kaltim beserta Forkopimda.

Acara silaturahmi ini menjadi wadah untuk membahas persiapan pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang akan digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal ini disampaikan oleh Bupati Edi Damansyah usai pertemuan.

“Pihak Sekretariat Presiden RI menyampaikan terkait persiapan pelaksanaan peringatan HUT RI di IKN Nusantara,” imbuh Edi.

Lebih lanjut, Edi menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo akan menjadi Inspektur Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di IKN Nusantara. Oleh karena itu, pihak Sekretariat Presiden meminta dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat Kaltim untuk menyukseskan agenda tersebut.

“Dukungan ini diharapkan dapat membantu kelancaran dan kemeriahan perayaan HUT RI di IKN Nusantara,” tutur Edi.

Selain membahas persiapan HUT RI, pertemuan ini juga menjadi momen untuk mempererat silaturahmi antara tokoh-tokoh penting di Kaltim. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam membangun Kaltim, khususnya dalam menyambut IKN Nusantara.

Disamping persiapan HUT RI, Presiden Joko Widodo juga mengundang para Tokoh Agama/Ulama Kaltim untuk hadir mengikuti zikir nasional pada 1 Agustus mendatang di Istana Negara. Hal ini disampaikan oleh Edi Damansyah.

“Pemkab Kukar akan menyesuaikan dengan agenda HUT RI tersebut,” ujarnya.

Diharapkan dengan adanya pertemuan silaturahmi ini, persiapan HUT RI di IKN Nusantara dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Dukungan dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat Kaltim menjadi kunci utama kesuksesan acara tersebut. (ADV/Prokom Kukar)