SMAN 5 Sinjai Segera Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru, Penghafal Lima Juz Al-Qur’an Diterima Tanpa Syarat

0
Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Sinjai, Aliyuddin.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Sinjai akan membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2021/2022 secara online.

Kepala SMA Negeri 5 Sinjai Aliyuddin mengatakan, untuk pendaftaran akan dimulai pada Senin (14/06/2021) pekan depan. sama halnya dengan tahun sebelumnya, pendaftaran melalui 4 jalur yaitu jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua dan jalur prestasi.

“Jika tahun lalu pendaftaran diawali untuk jalur non zonasi, maka tahun ini justru jalur zonasi dengan kuota 75 persen dibuka lebih dahulu,” ucapnya, Rabu (09/06/2021).

Lebih lanjut dikatakan, jika jalur zonasi tidak mencukupi kuota maka akan dialihkan ke jalur non zonasi sehingga peluang untuk diterima melalui tiga jalur non zonasi tersebut cukup besar.

“Setiap tahun jalur untuk zonasi tidak pernah terpenuhi sehingga kita alihkan ke jalur afirmasi, jalur prestasi maupun perpindahan orang tua sehingga lulusan SMP yang berdomisili jauh dari SMA 5 memiliki peluang untuk bersekolah di SMAN 5 Sinjai,” ungkapnya.

Jumlah total siswa yang diterima di SMAN 5 Sinjai tahun ini sebanyak 288 siswa untuk mengisi 8 kelas. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu yang berjumlah 252 siswa.

Lanjutnya, sesuai kebijakan PLT Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, pihaknya menerima peserta didik baru melalui jalur prestasi khusus yaitu penghafal Al-Qur’an atau Hafiz.

“Minimal memiliki hafalan 5 Juz mereka bisa masuk di sekolah SMA dan SMK dimana pun dan jurusan apapun yang dia suka tanpa melalui tes dan kuotanya tidak terbatas,” kuncinya. (Anto)

Tinggalkan Balasan