Target 2.500 Orang, Besok Registrasi Peserta Summer Camp Beautiful Malino Dibuka

Target 2.500 Orang, Besok Registrasi Peserta Summer Camp Beautiful Malino Dibuka

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Summer Camp atau camping bersama merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang akan meramaikan event wisata Beautiful Malino Kabupaten Gowa. Proses registrasi bagi peserta pun akan dibuka Jumat, 14 Juli 2023 (besok) mulai pukul 14.00 Wita atau setelah pelaksanaan shalat Jumat.

Chief Exrcutive Officer (CEO) Slemmersindo Makassar Muh Subhan Jaya mengatakan, pada Summer Camp tahun ini pihaknya hanya menyiapkan sekitar 2.500 peserta. Jumlah yang disiapkan ini pun 1meningkat jika dibandingkan pada pelaksanaannya di Beautiful Malino 2019 lalu yang hanya berjumlah 2.000 orang.

“Tahun lalu itu animo masyarakat sangat besar makanya peserta yang ikut itu ada 2.000, makanya tahun ini kami target 2.500 orang,” katanya, Kamis, (13/07/2023).

Untuk proses registrasi peserta pun baru akan dilakukan sebelum pembukaan Beautiful Malino 2023, Jumat, 14 Juli besok. Hal ini dilakukan sebab pada pelaksanaan Summer Camp tahun ini penyelenggara lebih ketat dalam memilih peserta. Sebab sebelumnya dilakukan identifikasi terlebih dahulu terkait rekam jejak organisasi atau komunitas pecinta alam yang akan ikut.

“Untuk tahun ini tidak ada pendaftaran online, camp area akan dibuka nanti Jumat (besok) siang. Peserta hanya boleh masuk dan memasang tenda pada tanggal dan waktu yang ditentukan dengan mengikuti arahan dari panitia untuk posisi tendanya. Kami juga sudah identifikasi nama-nama organisasi pencita alam yang kami nilai bisa menjaga lingkungan tetap bersih selama camping karena kami takutnya nanti diatas mereka tidak bisa menjaga kondisi lokasi camping tetap bersih, utamanya dari sampah plastik. Makanya kami mau saring dulu,” ujarnya.

Ia mengaku, upaya ini dilakukan untuk mendorong pelaksanaan camping bersama ini tidak merusak lingkungan dan alam yang ada kawasan camping.

“Artinya meskipun kita camping kan tetap juga kita bisa menjaga alam. Seperti sampah plastiknya mereka, ini yang kami mau saring dulu,” terangnya.

Kegiatan Summer Camp ini akan berlokasi di Lapangan Latihan Tembak Secata, Kota Malino, Kecamatan Tinggimoncong. Dimana untuk rangkaian kegiatannya akan diisi camping komunitas, keluarga, pertunjukan seni tradisional, dan karaoke bersama.

Subhan menegaskan, selama pelaksanaan Summer Camp para peserta diminta mematuhi sejumlah aturan yang telah ditetapkan. Mulai dari tidak membuang sampah sembarangan, tidak membakar sampah dan membuat api unggun, tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan minuman alkohol, dan tidak melakukan kegiatan yang berpotensi menganggu peserta lainnya.

Sebelumnya, Kepala Disparbud Kabupaten Gowa Tenriwati Tahri mengungkapkan, untuk penggunaan anggaran dalam melaksanakan Beautiful Malino yang telah masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) ini sekitar Rp1 miliar. Meski menurutnya, anggaran yang digunakan dengan perbandingan skala kegiatan yang cukup besar, pihaknya tetap akan memaksimalkan bagaimana kegiatan-kegiatan yang akan memeriahkan event wisata tahunan Pemeritah Kabupaten Gowa dapat berjalan maksimal.

“Ini adalah murni dari APBD pemerintah daerah,” katanya.

Lanjut mantan Kabag Umum Pemkab Gowa ini, pihak pemerintah daerah memang mendapatkan bantuan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, hanya saja nilainya tidak terlalu banyak atau sekitar 10 persen dari penggunaan anggaran yang akan digunakan.

“Kita menggunakan Rp1 miliar lebih. APBD Disparbud Gowa itu Rp1 miliar sisanya itu adalah bantuan dari Kemenparekraf RI sekitar 10 persen,” jelasnya.

Sementara, untuk total jumlah kunjungan ke Beautiful Malino 2023 ini ditargetkan sebanyak 70 ribu pengunjung atau wisawatan. Baik yang berasal dari kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan, maupun dari luar wilayah.

“Kira harapkan tahun ini kunjungan wisatawan yang hadir di even Beautiful Malino ini bisa mencapai 70 ribu orang,” katanya.