REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA – PT PLN (Persero) dinilai menjadi salah satu perusahaan penyedia jasa dan layanan kelistrikan yang secara efektif menerapkan sistem digitalisasi.
Transformasi yang dilakukan ini pun berhasil menerima penghargaan pada ajang Infobank The Best State Owned Enterprise (SOE) Award 2022. Di mana PLN menerima pada kategori The Best SOE in Digital Service Transformation 2022.
Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi dari upaya PLN yang secara perlahan mulai beralih ke sistem digital. Di mana kebijakan menerapkan sistem digitalisasi telah dilakukan sekitar dua tahunan.
“PLN melakukan inovasi dan efisiensi, di mana digitalisasi sebagai pondasinya,” ujarnya.
Ia menyebutkan, digitalisasi tersebut menyentuh berbagai aspek, mulai dari pembangkit, transmisi dan distribusi. Termasuk pada sistem keuangan, sistem pengadaan hingga pelayanan kepada pelanggan.
“Sistem pelayanan pelanggan menjadi lebih cepat. Sistem keuangan dan sistem pengadaan menjadi lebih efisien. Sistem operasional kelistrikan menjadi lebih andal,” ungkapnya.
Transformasi yang terus berjalan itu pun membuahkan hasil. Hal itu tercermin dari kinerja keuangan PLN yang meningkat di 2021, bahkan menjadi yang terbaik sepanjang sejarah PLN. Termasuk pendapatan penjualan dan Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) mengalami peningkatan.
Kemudian, biaya pokok penyediaan berhasil ditekan dan utang PLN dibayar lebih cepat. Sehingga, ada cost saving yang besar sampai lima tahun ke depan.
Lanjut Darmawan, penerimaan penghargaan ini juga sebagai bentuk kehormatan bagi seluruh tim PLN. Pasalnya, transformasi digitalisasi di wilayah kerja PLN, bukan saja hanya dilakukan oleh jajaran direktur utama dan Board of Director (BOD) saja, tetapi oleh perjuangan seluruh pegawai PLN.
“Terima kasih atas penghargaan yang luar biasa ini. Kami tidak mengira akan mendapatkan penghargaan seperti ini, di balik transformasi PLN ada perjuangan dari seluruh tim PLN. Tentu saja kami berkomitmen agar kami bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan kami. Tentu saja program transformasi yang sudah berjalan akan kami teruskan, ini komitmen dari seluruh insan PLN,” tutup Darmawan. (*)