Universitas Pattimura Ambon Studi Banding di FKG Unhas, Ini yang Dibahas

Universitas Pattimura Ambon Studi Banding di FKG Unhas, Ini yang Dibahas

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menerima Kunjungan dari Universitas Pattimura (Unpatti), Ambon, Maluku, yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd.

Turut hadir mendampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi Unpatti (Dr. Muspida, M.Si)., Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti (Dr. dr. Bertha Jean Que, Sp.S., M.Kes)., Ketua Tim Pelaksana Pembukaan Prodi Kedokteran Gigi Unpatti (dr. Johan Bruyif Bension, M.MedEd), Tim Task Force Pelaksana Pembukaan Prodi Kedokteran Gigi Unpatti (drg. Stephanie Astrid Rehatta, MM dan drg. Hasrul, Sp.PM).

Kegiatan berlangsung secara luring terbatas di Ruang Molar FKG Unhas, pada pukul 09.00 WITA, Kamis (24/03/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Unpatti bermaksud melakukan Kunjungan Kerja dan benchmarking terkait akan dibukanya Prodi Kedokteran Gigi di FK Unpatti.

Dekan FKG Unhas Prof. Muhammad Ruslin, drg. M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) beserta para pimpinan FKG Unhas menyambut baik kedatangan sivitas akademika Universitas Pattimura.

Mengawali kegiatan, Prof. Ruslin mengucapkan selamat datang di FKG Unhas dan dilanjutkan dengan pemaparan berbagai capaian yang telah diraih oleh FKG Unhas.

Dirinya juga menambahkan, sivitas akademika FKG Unhas siap untuk mensuport serta akan mendampingi hadirnya Prodi Kedokteran Gigi di FK Unpatti.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, walaupun terkendala karena adanya moratorium, tetapi hadirnya Prodi Kedokteran Gigi di FK Unpatti Insya Allah ada jalannya dan akan terealisasi karena syarat administrasi dan SDM kita telah penuhi”, tambahnya

Sementara itu, Direktur RSGMP Unhas (drg. Andi Tajrin, M.Kes., Sp.BM(K) mengatakan bahwa seiring dengan jalannya evaluasi proposal pembukaan Prodi Kedokteran Gigi di FK Unpatti, syarat fisik harus pula kita siapkan dan wajib kita penuhi, seperti adanya laboratorium-laboratorium.

“Untuk Rumah Sakit Gigi dan Mulut, minimal kita memiliki desain atau rencana pembangunannya, karena RSGM akan digunakan paling cepat 3 tahun kedepan yakni pada saat mahasiswa akan memasuki jenjang profesi dokter gigi”, tambahnya

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Unpatti, mengatakan bahwa antara Universitas Pattimura dan Universitas Hasanuddin sudah memiliki hubungan historis yang sangat kuat.

“FKG Unhas menjadi satu-satunya harapan kami untuk bisa mendampingi segala proses pembentukan Prodi KG di FK Unpatti yang sudah berjalan selama ini”, ucap Prof. Fredy

Prof Fredy juga juga penyampaian kepada civitas akademika FKG Unhas, bahwa masyarakat Maluku sangat antusias dengan akan dibukanya FKG di Unpatti,

“Bahkan mereka sering bertanya-tanya kepada kami, kapan FKG di Unpatti akan dibuka?”, tambahnya

“Kedatangan kami juga kesini untuk menyampaiakan pesan dari Pak Rektor Unpatti, untuk memohon bantuan dari FKG Unhas untuk bisa membantu kami dalam proses pembukaan Prodi KG di FK Unpattti”, lanjutnya

“Mengingat tingginya animo masyarakat Maluku, kami berharap tahun ini kami sudah bisa membuka dan menerima mahasiswa baru pada Prodi Kedokteran Gigi di FK Unpatti”, tutupnya

Rombongan dari Unpatti kemudian diajak berkeliling untuk melihat fasilitas- fasilitas yang ada di FKG Unhas dan RSGMP Unhas. (*)

Majid Asinu (Humas FKG Unhas)