Yamaha NMax Turbo Usung Teknologi YECVT, Motor Jadi Lebih Responsif

Yamaha NMax Turbo Usung Teknologi YECVT, Motor Jadi Lebih Responsif

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Inovasi baru disematkan Yamaha Indonesia pada varian produk terbarunya, yakni Yamaha NMax Turbo. Sepeda motor ini mengadopsi teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT).

YECVT ini merupakan teknologi yang pertama kalinya digunakan oleh Yamaha. Fungsi utamanya yakni membuat motor lebih responsif. Makanya, varian NMax terbaru ini menyandang status turbo.

Teknologi YECVT ini tak seperti sistem CVT konvensional yang memanfaatkan roller dengan gerak sentrifugal, melainkan bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus.

Hasilnya, teknologi ini membuat akselerasi motor lebih instan dan dapat diatur secara fleksibel. Caranya, cukup menekan tombol shift pada sisi kiri stang motor, dengan tiga pilihan akselerasi, yakni low, medium, dan high.

Pilihan akselerasi tersebut dapat digunakan pengendara pada kondisi tertentu. Seperti untuk mendahului kendaraan yang membutuhkan akselerasi di depan atau melibas tanjakan.

Yamaha NMax Turbo ini juga menawarlan dua riding mode, yakni S-Mode untuk perjalanan jarak jauh atau touring, serta T-Mode untuk mobilitas perkotaan. Motor ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW/8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm/6.500 Rpm.

Hasil pengetesan di internal Yamaha dengan menggunakan mode berkendara S menunjukkan bahwa NMax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter, dibandingkan dengan Nmax generasi sebelumnya. Selisih jaraknya terpaut 9,2 meter.

Perbedaan paling mencolok juga ada pada bagian kokpit dimana area layar Multi-Infotainment Display dibuat sangat detail untuk merefleksikan kesan mewah, informatif serta memudahkan akses tangan pengendara dalam mengoperasikan setiap fitur yang terdapat di stang kemudi.

Trainer Service Yamaha Institute Makassar dari PT Suracojaya Abadimotor (SJAM), Helly menjelaskan bahwa teknologi YECVT memungkinkan pengendara untuk memaksimalkan tenaga NMax Turbo mencapai 11,3 kW pada 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm pada 6.500 Rpm.

“Ini kalau ditekan bisa memberikan sensasi turbo,”kata Helly, Selasa (6/8/2024) lalu.

Sementara itu, TSG Warranty Main Dealer Makassar PT SJAM, Ridwan Dodi menjamin garansi perawatan median NMax Turbo untuk menjaga performanya.

Menurutnya, Yamaha memberikan garansi selama lima tahun. Garansi tersebut meliputi blok, silinder dan piston serta frame atau rangka.

“Garansi tiga tahun semua komponen di engine (mesin). Garansi dua tahun YECVT. Fasilitas garansi ini syaratnya harus rutin melakukan servis berkala, minimal tiga sampai empat bulan sekali,” demikian Dodi. (*)