0%
logo header
Rabu, 01 November 2023 15:01

100 Anggota DWP Kutai Kartanegara Terlibat Pelatihan Public Speaking

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pelatihan Public Speaking diikuti ratusan OPD di Pemkab Kukar. (Istimewa)
Pelatihan Public Speaking diikuti ratusan OPD di Pemkab Kukar. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Sebanyak 100 anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) dari Unsur Pelaksana (UP) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan se-Kutai Kartanegara (Kukar) berpartisipasi dalam sebuah pelatihan public speaking. Acara yang diselenggarakan oleh DWP, bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar, dilaksanakan pada Rabu (01/11/2023) di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar.

Pelatihan ini turut mengundang Markus, Subkoordinator Protokol Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kukar, sebagai narasumber. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas serta profesionalisme sumber daya manusia (SDM) yang tergabung dalam anggota DWP dalam berbicara di depan umum.

Menurut Calimatussa’diyah, Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan Keluarga, Pengelolaan Data, dan Informasi DP3A Kukar, keterampilan public speaking adalah hal yang esensial bagi anggota DWP, mengingat mereka sering kali harus berkomunikasi dengan khalayak untuk menyampaikan pesan dan informasi.

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

“Persiapan mental, materi yang tepat, dan penggunaan bahasa tubuh yang efektif adalah kunci dalam berbicara di depan umum. Dengan pelatihan ini, kami berharap anggota DWP dapat meningkatkan rasa percaya diri, mampu membangun hubungan komunikasi yang kuat dengan pendengar, serta mengomunikasikan maksud pesan dengan jelas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DWP Kukar, Hj Yulaikah Sunggono, dalam sambutannya, memberikan apresiasi terhadap kerja sama yang terjalin antara DWP dan DP3A Kukar dalam penyelenggaraan pelatihan ini. Ia mengimbau anggota DWP agar mengikuti kegiatan ini dengan penuh dedikasi serta menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam aktivitas sehari-hari.

“Kemahiran dalam public speaking menjadi kunci bagi kita untuk menyampaikan pesan secara efektif di depan umum. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara, tetapi juga untuk memperluas pemahaman anggota DWP Kukar dalam mendukung pertumbuhan mental dan spiritual,” tambahnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis : Budi Kurniawan
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646