0%
logo header
Rabu, 18 September 2024 20:38

2.520 Bakul Disiapkan Pemkab Gowa Peringati Maulid Nabi, Warga Antusias Berebut

Chaerani
Editor : Chaerani
Ribuan bakul maulid memenuhi Pelataran Masjid Agung Syekh Yusuf, Sungguminasa untuk memeriahkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 yang digelar Pemkab Gowa, Rabu, (18/09/2024). (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)
Ribuan bakul maulid memenuhi Pelataran Masjid Agung Syekh Yusuf, Sungguminasa untuk memeriahkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 yang digelar Pemkab Gowa, Rabu, (18/09/2024). (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Sebanyak 2.250 bakul maudu disiapkan Pemerintah Kabupaten Gowa dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 yang berlangsung di Pelataran Masjid Agung Syekh Yusuf, Kota Sungguminasa.

Bakul-bakul maulid tersebut terdiri dari 15 bakul di masing-masing desa dan kelurahan yang terdiri dari 121 desa dan 46 kelurahan di 18 kecamatan yang ada. Kemudian masing-masing 1 bakul maulid dari setiap SKPD lingkup Pemkab Gowa. Warga yang hadir dalam kegiatan tersebut terlihat antusias saling berebut baku maulid.

“Aslinya berdesak-desakan, tapi memang ini setiap tahun mi seperti ini. Strategi saya bisa dapat banyak bakul karena saya langsung tutupi dengan badanku,” kisah Fadil, warga Jalan Manggarupi, Kelurahan Batang Kaluku, Kecamatan Somba Opu, usai berebut bakul, Rabu, (18/09/2024).

Baca Juga : Pasangan Ideal, Jaringan Kesehatan Makassar Solid Dukung Appi-Aliyah

Fadil mengatakan, aksi berebut bakul ini pun harusnya dilakukan setelah rangkaian kegiatan Maulid Nabi digelar, hanya saja beberapa warga tiba-tiba menerobos untuk memulai mengambil bakul maulid dengan berbagai hiasan menarik tersebut.

“Ada tadi warga dari depan yang memulai, lumayan juga perjuangannya. Allhamdullillah berhasil dapat lima bakul maulid. Saya tadi kesini sama mama juga,” katanya.

Sementara, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, tentunya ada kekecewaan tapi begitulah euforia setiap peringayan maulid sehingga siapapun yang menyumbang akan menjadi pahala yang berlipat ganda.

Baca Juga : IOH Group dan Accenture Siap Bangun Peradaban Ekonomi Digital Indonesia

“Perayaan maulid bukan hanya seremonial saja tetapi menjadi refleksi untuk kita mampu terus meningkatkan ketakwaan kita dan mempedomani sifat-sifat Rasulullah,” katanya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Andy Azis Peter mengungkapkan, selain menyiapkan 2.520 bakul maulid, pihaknya juga membagikan sebanyak 1.150 kantong beras yang berisi masing-masing 5 kilogram (Kg).

“Peringatan Maulid Nabi ini adalah agenda tahunan Pemkab Gowa untuk meningkatkan rasa cinta kita kepada rasulullah yang merupakan panutan dan teladan bagi kita semua umat Muslim,” katanya singkat.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646