0%
logo header
Rabu, 02 Februari 2022 18:59

Akhirnya Bupati Bulukumba Siapkan Tempat Relokasi Warga Pantai Merapati

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf, meninjau Lokasi Pantai Merpati, Rabu (02/02/2022).
Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf, meninjau Lokasi Pantai Merpati, Rabu (02/02/2022).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BULUKUMBA — Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf akhirnya meninjau lokasi pantai Merpati di kecamatan Ujung Bulu pasca penggusuran rumah masyarakat nelayan beberapa waktu lalu.

Diketahui, kawasan pantai Merpati tersebut rencananya akan dilakukan penataan sebagai pusat kuliner dan hiburan bagi masyarakat Kabupaten Bulukumba yang pembangunannya dijadwalkan April mendatang.

Saat meninjau lokasi, Bupati Muchtar Ali Yusuf mendatangi beberapa titik. Pertama yang ditinjau adalah pekerjaan normalisasi saluran air menuju laut. Tampak sebuah eskavator sementara bekerja mengeruk atau memperbaiki saluran air untuk menormalisasi arus air sampai ke laut.

Baca Juga : Andi Herfida Apresiasi Kolaborasi PKK Bulukumba dan OPD

Setelah itu Andi Utta sapaan akrabnya didampingi Kasatpol PP dan Camat Ujungbulu berjalan kaki menyisir pantai yang sebelumnya ditempati warga. Tampak sisa pembongkaran material bangunan yang sudah dikumpulkan namun belum diangkut pemiliknya.

Di wilayah Kelurahan Terang-Terang ini, Bupati Andi Utta meminta jajarannya membantu mengangkut material warga yang masih bisa digunakan, selanjutnya yang menjadi sampah untuk dikumpulkan atau dibersihkan karena lahan tersebut untuk sementara akan diratakan.

Sampai di wilayah Kelurahan Bentenge, Bupati Andi Utta menemui langsung dan berdialog dengan warga yang masih memilih bertahan meski rumahnya di lokasi tersebut sudah dibongkar. Alasan warga masih bertahan oleh karena belum ada tempat relokasi yang disiapkan.

Baca Juga : Cantiknya Lanjutan Pembagunan Pantai Merpati Bulukumba yang Digagas Bupati Andi Utta, Mirip Pantai Losari di Makassar

Menanggapi hal tersebut, Bupati Andi Utta mengatakan pihaknya menyiapkan tempat penampungan sementara di kampong Situbaru Kelurahan Bintarore, sehingga ia meminta warga untuk pindah ke sana.

“Saya sudah perintahkan BPBD untuk bangun tenda penampungan untuk tempat tinggal sementara bagi yang ingin pindah ke sana. Yang jelas di tempat ini sudah tidak bisa lagi bermukim karena akan segera dilakukan penataan,” ungkapnya.

Bupati Andi Utta kembali memberikan pemahaman kepada warga bahwa penataan yang dimaksud agar lokasi tersebut bisa tertata rapi, bersih dan cantik sebagai pusat kuliner. Sehingga lokasi Pantai Merpati nantinya bisa menjadi pusat ekonomi baru yang dapat meningkatkan pertumbuhan UKM dan menyerap tenaga kerja. Olehnya itu ia meminta pengertian warga untuk pindah supaya pekerjaan penataan pantai bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga : Di Era Andi Utta-Edy Manaf Warga Bulukumba Sudah Nikmati 295 Kilometer Jalan Mulus

“Kalau semrawut dan kumuh seperti ini, tidak ada orang yang mau datang berkunjung di tempat ini,” bebernya.

Setelah menemui warga yang masih bertahan pasca pembongkaran rumah di Pantai Merpati, Bupati Andi Utta bergeser meninjau Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bentenge. Di TPI ini Andi Utta didampingi Kadis Perikanan Asrar Amir melihat aktifitas nelayan serta berdialog dengan beberapa nelayan dan pengusaha ikan.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646