0%
logo header
Kamis, 05 September 2024 13:31

BI Apresiasi Pemerintahan Andi Utta-Edy Manaf Kendalikan Inflasi, Terendah di Sulsel

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Inflasi Bulukumba terendah di Sulsel. [FOTO: BPS]
Inflasi Bulukumba terendah di Sulsel. [FOTO: BPS]

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BULUKUMBA — Kabupaten Bulukumba di masa kepemimpinan Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf terus menunjukkan konsistensi dalam pengendalian inflasi.

Bulukumba kembali tercatat sebagai daerah dengan inflasi paling rendah di Sulawesi Selatan pada bulan Agustus 2024.

Berdasarkan laporan resmi Badan Pusat Statistik (BPS) No. 49/09/73/Th.XXVIII, 2 September 2024, inflasi year on year (y-on-y) Provinsi Sulawesi Selatan pada Agustus 2024 tercatat sebesar 1,77 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,61.

Baca Juga : Di Era Andi Utta-Edy Manaf Warga Bulukumba Sudah Nikmati 295 Kilometer Jalan Mulus

Inflasi tertinggi terjadi di Kota Parepare sebesar 2,22 persen dengan IHK 106,12, sementara Bulukumba mencatat inflasi terendah sebesar 1,62 persen dengan IHK 104,93.

Tahun ini, Bulukumba berhasil empat kali berturut-turut menjadi daerah dengan inflasi terendah di Sulsel, yakni pada Mei (1,74 persen), April (2,14 persen), Maret (2,18 persen), dan Februari (2,34 persen).

Deputi Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulsel, Wahyu Purnama, mengapresiasi langkah Pemkab Bulukumba dalam inovasi pengendalian inflasi.

Baca Juga : Program Kampung Sapi Pemerintahan Andi Utta-Edy Manaf sudah Reproduksi 10 Ribu Ekor Sapi Potong

“Bank Indonesia mengapresiasi pembentukan Mini Distribution Center (MDC) oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Bulukumba yang berlokasi di Pasar Cekkeng,” paparnya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Wilayah Selatan Sulsel di Paduppa Resort Bira, Kamis, 5 September 2024.

Inovasi pengendalian inflasi melalui konsep MDC ini dikembangkan oleh Pemkab Bulukumba di bawah kepemimpinan Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf.

Program tersebut mencakup pembentukan toko murah MDC yang berlokasi di Kios Panrita Lopi Center di Pasar Cekkeng, bekerja sama dengan Bulog, menyediakan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, dan gula dengan harga terjangkau.

Baca Juga : Gerindra Solid, Andi Usdar Siapkan Ribuan Tim untuk ‘Doboloki’ Andi Utta-Edy Manaf di Pilkada Bulukumba

Ketua TPID Bulukumba, Ali Saleng, menjelaskan bahwa program MDC kini telah diperluas ke seluruh kecamatan di Bulukumba.

“Kios MDC ada di setiap kecamatan untuk mengendalikan harga,” ungkapnya.

Selain itu, Pemkab Bulukumba juga mendukung program ini dengan Mobile Mini Distribution Center yang dilengkapi dengan dua unit mobil box, siap bergerak cepat bersama Bulog ketika ada gejala kenaikan harga.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646