0%
logo header
Senin, 26 Februari 2024 22:00

Bukti Iritnya Yamaha Grand Filano, Tempuh 60,2 Kilometer Cuma Butuh Seliter Bensin

Rizal
Editor : Rizal
Yamaha Grand Filano Hybrid Connected yang dikenal sangat irit dalam penggunaan bahan bakar minyak (BBM). (Foto: Istimewa)
Yamaha Grand Filano Hybrid Connected yang dikenal sangat irit dalam penggunaan bahan bakar minyak (BBM). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) Yamaha Grand Filano Hybrid Connected dikenal irit luar biasa. Bensin satu liter bisa digunakan untuk menempuh perjalanan sejauh 60 kilometer.

“Kami mulai mengampayekan keunggulan utama fitur Bluecore Hybrid Yamaha yang tersemat di semua tipe Classy Yamaha, khususnya di Grand Filano ini. Hasil tes tersebut sudah bertaraf internasional dan dilakukan oleh tim tes internal Yamaha,” kata Divisi Promosi PT Suracojaya Abadimotor (SJAM), Main Dealer Resmi Yamaha area Sulselbar, Astam, Senin (26/2/2024).

“Kampanye ini merupakan edukasi kami kepada konsumen setia Yamaha supaya bisa mengerti riset teknologi yang kini semakin memudahkan berkendara sekaligus benefit yang akan mereka dapatkan saat memilih kendaraan roda dua,” tambahnya.

Baca Juga : Satgas TMMD Ke-122 Kodim 1425 Jeneponto Rehab Rumah Warga Kurang Mampu

Terpisah, tim Technical and Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ferry Nurul Fajar menjelaskan bahwa berdasarkan metode World Motorcycle Test Cycling (WMTC) mode atau Yamaha Test Result, konsumsi BBM Yamaha Grand Filano adalah 1,66 liter bensin per 100 kilometer.

“Artinya, 1 liter BBM pada Yamaha Grand Filano bisa menempuh 60-an kilometer,” tegasnya.

Menurut Ferry, selain fitur power assist atau hybrid, ternyata ada fitur yang membuat konsumsi BBM Yamaha Grand Filano bisa menembus 60 km/liter. Fitur tersebut adalah Stop and Start System (SSS) yang bisa menghemat konsumsi BBM Yamaha Grand Filano sebesar 3 persen.

Baca Juga : Peringatan HUT ke-79 TNI di Selayar, Memperkuat Sinergi Prajurit dan Rakyat Menuju Indonesia Maju

“Berdasarkan informasi yang disajikan Yamaha, agar fitur SSS aktif pengendara harus mengaktifkannya melalui tombol yang ada di setang, kemudian kecepatan sudah pernah di atas 10 Kpj dan suhu mesin minimal mencapai 50 derajat Celcius,” beber Ferry.

Menurutnya, fitur SSS yang memanfaatkan Smart Motor Generator atau SMG pada Yamaha Grand Filano ternyata bisa menyesuaikan dengan kondisi jalan.

Sementara itu, Tim Yamaha Institute PT SJAM, Suwardi menjelaskan bahwa fitur SSS juga menjadi penunjang para pengendara guna mendapatkan konsumsi bahan bakar maksimal. Saat jalanan kosong seperti touring kemudian lampu merah dan berhenti, berselang 1,5 detik kemudian mesin akan otomatis mati.

Baca Juga : Kolaborasi Indosat dan Padivalley Dorong Keterampilan Golfer Pemula

“SSS akan aktif lebih lama ketika pengendara Yamaha Grand Filano menemui jalan macet dimana mesin tidak langsung mati saat berhenti. Waktu mode traffic, SSS ini akan bekerja selama 5 detik setelah motor berhenti,” jelas Suwardi.

Menurutnya, berkat teknologi SSS tersebut, konsumsi BBM Yamaha Grand Filano bisa tembus 60 km/liter. Ini merupakan bukti iritnya produk Yamaha yang satu ini.

“Namun perlu dicatat, konsumsi BBM Yamaha Grand Filano bisa berbeda dari klaim tes yang dilakukan. Hal itu berkaitan dengan bobot pengendara yang ditanggung Yamaha Grand Filano dan kondisi jalan yang dilalui bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakarnya,” demikian Suwardi. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646