0%
logo header
Selasa, 31 Oktober 2023 13:02

Bupati Kukar Dorong Perbaikan Pengelolaan Keuangan Daerah Sesuai Temuan BPK

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Jajaran OPD Kukar saat ikuti acara pembahasan hasil tindak lanjut pemeriksaan BPK RI. (Foto: Budi Kurniawan / Republiknews.co.id)
Jajaran OPD Kukar saat ikuti acara pembahasan hasil tindak lanjut pemeriksaan BPK RI. (Foto: Budi Kurniawan / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA —– Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menunjukkan respons aktif terhadap temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait pengelolaan keuangan daerah. Bupati Kukar, Edi Damansyah, memimpin upaya penindakan dengan meminta kepada kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk segera menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan.

Dalam acara Pembahasan Hasil Tindak Lanjut Pemeriksaan BPK RI Tahun 2005 hingga 2022 yang diadakan di Hotel Harris Samarinda pada Selasa (31/10/2023), Edi Damansyah melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, Dr. Sunggono, menegaskan bahwa hasil pemeriksaan BPK RI merupakan tanggung jawab bersama yang harus direspons secara serius oleh semua pihak.

“Saya akan terus memantau perbaikan yang dilakukan oleh kepala OPD dalam menindaklanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI. Perbaikan yang dilakukan harus nyata dan konkret, untuk memastikan setiap pengelolaan keuangan daerah dapat dipertanggungjawabkan dan manfaatnya dirasakan oleh rakyat,” ujar Edi Damansyah.

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

Lebih lanjut, Edi menekankan pentingnya tindak lanjut hasil pemeriksaan sebagai bagian integral dari proses pembinaan dan pengawasan. Ia mendorong agar kepala OPD menunjukkan komitmen dalam merespons hasil pemeriksaan, untuk meningkatkan pengelolaan keuangan daerah.

Selain itu, Edi juga mengingatkan pentingnya menjaga akuntabilitas pengelolaan keuangan dan kinerja, dari perencanaan hingga evaluasi implementasi. Ia menyoroti perlunya penguatan dan pengawalan terhadap pengendalian internal.

“Kami berharap sikap kehati-hatian dalam menjalankan tanggung jawab, sehingga terhindar dari tindakan yang dapat merugikan baik diri sendiri maupun institusi,” tambahnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis : Budi Kurniawan
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646