0%
logo header
Sabtu, 02 Desember 2023 19:46

DiskominfoSP Gowa Libatkan KIM Maksimalkan Pengelolaan Informasi ke Masyarakat

Chaerani
Editor : Chaerani
Kepala DiskominfoSP Kabupaten Gowa Arifuddin Saeni, Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Firman Djamaluddin (tengah) saat menghadiri Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2023, di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Kepala DiskominfoSP Kabupaten Gowa Arifuddin Saeni, Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Firman Djamaluddin (tengah) saat menghadiri Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2023, di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Pelibatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) terus didorong dalam mengelola informasi ke masyarakat agar lebih maksimal.

Hal ini penting sebab keberadaan KIM dinilai sebagai mitra pemerintah dalam menyebarluaskan informasi ke masyarakat. Bahkan ditengah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi saat ini dianggap perlu ditingkatkan dari segi kapasitas sumber daya manusianya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Gowa Arifuddin Saeni menjelaskan, KIM memiliki tujuan sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan, sosialisasi dan diseminasi informasi pembangunan kepada masyarakat.

Baca Juga : Pemilih Pemula Wajib Dilibatkan dalam Proses Pilkada di Kabupaten Mappi

Selain itu juga sebagai mediator komunikasi informasi pembangunan secara timbal balik dan berkesinambungan, serta menjadi forum media untuk pelayanan komunikasi dan informasi pemerintah.

“KIM berfungsi sebagai sarana informasi antar anggota KIM, dari KIM kepada pemerintah, dan dari pemerintah kepada masyarakat,” katanya saat menghadiri Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2023, di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, kemarin.

Lanjutnya, KIM juga berfungsi sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik, sarana peningkatan literasi di bidang informasi, dan media massa yang memiliki nilai ekonomi.

Baca Juga : Bentuk Organisasi Bernama SPDP, Relawan Nurdin Abdullah Siap Menangkan Danny-Azhar

Menurutnya, kehadiran kelompok masyarakat mengikuti sosialisasi ini menunjukkan komitmennya yang begitu tinggi terhadap peningkatan penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

“Saya berharap keikutsertaan para kelompok masyarakat ini bukan hanya didasari oleh kewajiban semata. Tetapi benar-benar membekali diri dalam memberikan informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Gowa,” harapnya.

Sementara, Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Firman Djamaluddin yang membuka kegiatan mengatakan, KIM merupakan program dari Kementerian Komunikasi Informatika RI yang diimplementasikan oleh seluruh instansi pemerintahan yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Tokoh Perempuan dan Lintas Komunitas di Pallangga Nyatakan Dukungan ke HT-DM

KIM dijalankan dengan maksud mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka akan informasi media komunikasi dua arah dengan menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya.

“Tujuannya agar bisa saling memberdayakan. Salah satunya dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarluaskan informasi,” jelasnya.

Melalui KIM masyarakat diberdayakan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan kebijakan pemerintah dalam melanjutkan informasi kebijakan, dan pembangunan agar tidak terjadi kesenjangan informasi.

Baca Juga : Semua Lebih Mudah, Kalla Toyota Tawarkan 14 Kemudahan Bagi Pelanggan

“Dari kegiatan ini diharapkan informasi yang disampaikan bisa menjangkau banyak orang,” harap Firman.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 30 peserta yang terdiri dari Karang Taruna, TP PKK Gowa, pelaku UKM, dan kelompok tani.

“Dari kalangan kelompok masyarakat ini diharapkan bisa memberikan informasi yang baik dan benar dalam upaya penyebarluasan informasi kepada masyarakat dapat menjadi kenyataan,” harap Firman lagi.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646