0%
logo header
Jumat, 20 Oktober 2023 15:52

Eksplorasi Wisata Alam, Bupati Kukar Serahkan Bantuan Inovatif untuk Pokdarwis Dewi Arum

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, saat berada di Desa Sumber Sari. (Istimewa)
Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, saat berada di Desa Sumber Sari. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Masyarakat Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), semakin semangat mengembangkan potensi wisata lokal dengan dukungan Bupati Kukar, Edi Damansyah. Pada Selasa (17/10/2023), Edi secara resmi menyerahkan bantuan berupa enam sepeda, enam kemah, dan empat fasilitas glamour camping (glamping) kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dewi Arum.

Destinasi Puncak Bukit Biru yang sudah dikenal sebagai surganya pemandangan alam indah dan udara sejuk di Kukar kini mendapatkan sentuhan inovatif dengan bantuan ini. Fasilitas baru diharapkan dapat meningkatkan daya tarik dan kenyamanan bagi para pengunjung.

Bupati Edi menyatakan apresiasi tinggi terhadap semangat dan keinginan kuat masyarakat setempat untuk mengangkat potensi wisata di daerah mereka.

Baca Juga : Empat Siswa SLB Kukar Melenggang ke O2SN Nasional

“Pokdarwis Dewi Arum ini merupakan contoh bagaimana keinginan tumbuh dari masyarakat bisa menjadi kekuatan luar biasa untuk menjalankan fasilitas wisata,” ujar Edi.

Dalam konteks perubahan perilaku masyarakat yang semakin mencari kenyamanan, Edi melihat bahwa daerah yang sebelumnya dianggap blankspot kini dapat menjadi destinasi wisata yang menarik.

“Ini adalah contoh bagaimana keberanian berinovasi dari masyarakat dapat mengubah pandangan tentang suatu daerah,” tambah Edi.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

Selain menyoroti potensi wisata, Bupati juga menekankan pada konsep agrowisata yang dapat diterapkan di Kecamatan Loa Kulu, terutama dengan produk unggulan seperti tempe yang sudah dikenal baik. Edi berpesan agar Pengelolaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dapat mendengarkan suara dan kebutuhan pengunjung.

“Pelayanan yang responsif terhadap keinginan pengunjung adalah kunci keberhasilan dalam industri pariwisata,” ujar Edi.

Sementara itu, Bupati menyarankan agar Pokdarwis menjalin kerjasama dengan kelompok tani milenial untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan, seperti sayuran, sehingga dapat menciptakan pengalaman wisata yang lebih holistik. Dukungan ini diharapkan dapat membawa Puncak Bukit Biru menjadi destinasi yang lebih inovatif dan ramah pengunjung.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

Dengan semangat pemberdayaan masyarakat, potensi wisata di Kukar terus berkembang, membuka peluang baru bagi pariwisata lokal. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646