0%
logo header
Kamis, 18 Mei 2023 18:11

Fatma Wahyudin Ingin Wujudkan Kesetaraan Gender di Makassar

Rizal
Editor : Rizal
Anggota DPRD Makassar, Fatma Wahyuddin saat menyosialisasikan Perda Pengarustamaan Gender (PUG) dalam Pembangunan di Hotel Aston, Jl Sultan Hasanuddin, Kamis (18/5/2023). (Foto: Istimewa)
Anggota DPRD Makassar, Fatma Wahyuddin saat menyosialisasikan Perda Pengarustamaan Gender (PUG) dalam Pembangunan di Hotel Aston, Jl Sultan Hasanuddin, Kamis (18/5/2023). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Anggota DPRD Makassar, Fatma Wahyudin menggelar Sosialisasi Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengarustamaan Gender (PUG) dalam Pembangunan, di Hotel Aston, Jalan Sultan Hasanuddin, Kamis (18/5/2023).

Dalam sosialisasi ini, Fatma, sapaan akrabnya menghadirkan dua narasumber. Ialah Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Makassar, Achi Soleman dan Sittiara Kinang.

Legislator dari Fraksi Demokrat ini menilai penting bagi masyakarat untuk memahami perda PUG ini. Sebab didalamnya tertuang mengenai kesetaraan gender.

Baca Juga : Pemilih Pemula Wajib Dilibatkan dalam Proses Pilkada di Kabupaten Mappi

“Jadi tujuan dari perda ini bagaimana mewujudkan kesetaraan dalam berbagai bidang baik itu pembangunan, kesehatan, pendidikan dan lain-lain,” ujarnya.

Kesetaraan itu, kata Fatma, menekankan perihal peran dan tugas yang sama bagi laki-laki dan perempuan. Olehnya, ia perlu mengingatkan ini kepada masyarakat.

“Juga bagaimana tujuan daripada perda ini meningkatkan kesetaraan dan keadilan dalam kedudukan dan peran dalam perempuan dan laki-laki,” tambah Wakil Ketua Komisi A DPRD Makassar.

Baca Juga : Bentuk Organisasi Bernama SPDP, Relawan Nurdin Abdullah Siap Menangkan Danny-Azhar

Dulunya, Fatma juga merupakan salah satu pencetus perda ini. Sebagai perempuan, ia ingin adanya kesetaraan peran dan tugas. “Jadi kita harus sukseskan perda ini dan ada kesetaraan gender,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala DPPPA Makassar, Achi Soleman menilai upaya Fatma saat ini sudah sejalan dengan perda PUG. Di mana ikut terus menyerukan soal kesetaraan gender terkhusus perempuan.

“Perjuangan bu Fatma ini bukan hanya di Makassar tapi di provinsi. Ini tidak gampang, artinya perempuan ini ingin dilihat maju dan tampil,” demikian Achi. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646